Kim Jong-un Akui Tujuan Ekonominya Gagal

Namun, Kim puas dengan kemajuan militer Korut.

EPA-EFE/KCNA
Kim Jong-un Akui Tujuan Ekonominya Gagal. Sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan Kim Jong-un Pemimpin Republik Demokratik Rakyat Korea berbicara selama Pertemuan ke-20 Biro Politik dari Komite Sentral Ketujuh Partai Pekerja Korea ( WPK) di Pyongyang, Korea Utara, 15 November 2020.
Rep: Dwina Agustin Red: Ani Nursalikah

IHRAM.CO.ID, SEOUL -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan rencana ekonomi lima tahunnya gagal memenuhi tujuan di hampir setiap sektor. Pernyataan ini muncul saat dia memulai kongres Partai Buruh pada Selasa (5/1).

Baca Juga

"Strategi itu jatuh tempo tahun lalu tetapi sangat gagal mencapai tujuan di hampir setiap sektor," kata Kim.

Kantor berita pemerintah KCNA melaporkan pada Rabu (6/1), dalam pidato pembukaan, Kim mengatakan, negara itu telah mencapai kemenangan ajaib dengan memperkuat kekuatan dan prestise globalnya sejak pertemuan terakhir.

Kim merujuk pada kemajuan militer yang mencapai puncaknya dalam uji coba rudal balistik antarbenua yang berhasil pada 2017 yang mampu menyerang daratan AS. Kongres partai berkuasa ini pun kali pertama setelah 2016.

Meski Kim merasa puas dalam bidang keamanan, Kim mengakui strategi ekonomi lima tahun yang ditetapkan pada 2016 gagal dilaksanakan. Dia menyerukan dorongan dalam kemandirian Korea Utara untuk mengatasi tantangan internal dan luar yang menghambat kemajuannya.

 

Mengenai pandemi global, Kim memuji para pekerja partai karena memastikan situasi yang stabil melawan virus corona dari awal hingga akhir.

"Mereka telah dengan tegas mengatasi kesulitan dalam menghadapi krisis kesehatan global yang berkepanjangan dan tidak tertandingi yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Kim.

Korea Utara belum secara resmi mengonfirmasi kasus virus korona, meskipun telah melaporkan ribuan kasus yang diduga ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pihak berwenang Korea Selatan mengatakan, wabah di Korea Utara tidak dapat dikesampingkan karena memiliki perdagangan aktif dan pergerakan orang dengan China sebelum menutup perbatasannya Januari lalu.

Kongres Partai Buruh yang kedelapan dan kedua di bawah Kim dihadiri oleh 4.750 delegasi dan 2.000 penonton. Dalam gambar KCNA, tidak ada seorang pun yang terlihat mengenakan masker dan peserta tidak duduk terpisah, tidak seperti di beberapa acara publik baru-baru ini.

Kim didampingi oleh para pembantu, termasuk saudara perempuannya dan pejabat senior partai Kim Yo Jong, kepala negara nominal Choe Ryong Hae dan Perdana Menteri Kim Tok Hun. Pertemuan tersebut akan berlangsung beberapa hari, dengan Kim juga diharapkan mengumumkan perubahan kepemimpinan dan membahas masalah organisasi, anggaran, dan audit lainnya. 

 

https://www.reuters.com/article/us-northkorea-politics/n-koreas-kim-says-economic-plan-failed-as-rare-party-congress-begins-idUSKBN29A2JH?il=0

 
Berita Terpopuler