Top 5 News: Simbol PKI Cileungsi, Misteri Hilangnya Jack Ma

Ketua KPK melantik enam jenderal polisi untuk jabatan strategis di lembaga antirasuah

Facebook
Tangkapan layar Facebook tentang halte palu arit di Cileungsi
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Enam jenderal polisi dilantik bersama puluhan orang lainnya oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Kabar enam jenderal polisi yang menduduki jabatan strategis di lembaga antirasuah tersebut menimbulkan banyak komentar. Di laman Republika.co.id, berita tersebut memuncaki daftar berita terpopuler dalam 24 jam terakhir.

Tak hanya dari dalam negeri, kabar menghilangnya millioner asal China, Jack Ma juga menyita perhatian pembaca. Dua berita terkait menghilangnya Jack Ma usai mengkritik pemerintah China, masuk  dalam daftar top 5 news di Republika.co.id, Selasa (5/1). Berikut daftarnya: 

1. Firli Lantik 6 Jenderal Polisi Jadi Pegawai Struktural KPK

JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri melantik sejumlah pegawai ke dalam struktural organisasi lembaga antirasuah. Dari puluhan orang yang diangkat, enam di antaranya menyandang pangkat jenderal kepolisian.

Pelantikan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK pada Selasa (5/1). Keenam anggota kepolisian yang masuk dalam struktur jabatan strategis dalam KPK, antara lain, Irjen Karyoto sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK.

Brigjen Didik Agung Widjanarko, Brigjen Yudhiawan, serta Brigjen Bahtiar Ujang Purnama masing-masing sebagai Direktur Koordinasi Supervisi I, II, dan II KPK. Lalu, Brigjen Kumbul Kuswidjanto Sudjadi menjadi Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK.

Firli juga melantik Brigjen Setyo Budiyanto sebagai Direktur Penyidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro menjadi Direktur Penyelidikan KPK, dan Brigjen Agung Yudha Wibowo menduduki kursi Direktur Monitoring KPK.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Cek Fakta: Benarkah Ada Simbol Palu Arit di Halte Cileungsi?

JAKARTA - Sebuah akun Facebook mengunggah gambar halte bus berbentuk palu-arit berwarna merah yang diklaim berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Bentuk palu-arit dan warna merah merupakan simbol dari ideologi komunis. Pengunggah mengatakan, kehadiran halte tersebut menjadi tanda kebangkitan komunis dan PKI di Indonesia.

Berikut narasi yang ditulis pengunggah:

"Kejadian di Cileungsi - Jawa Barat: muncul Halte yang 'nge-tren' bentuknya adalah seperti kata pak 'LP'.

Maka perlahan-lahan simbol ini di benarkan untuk TREN KEBANGKITAN KOMUNIS NEO-PKI. 

WASPADALAH ..!!!"

Lalu benarkah ada halte berbentuk simbol komunis di Cileungsi?

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Masih Ada Warga di Surabaya Tinggal di Kolong Jalan Tol

Setelah menjabat, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi tunawisma di kolong jembatan Menteng, Jakarta Pusat.

Yang menarik, di Kota Surabaya juga ada sejumlah jiwa yang juga menempati kolong Jalan Tol Waru-Tanjung Perak. Lokasi ini berdekatan dengan Kampung 1001 Malam.

Data yang didapat jatimnow.com di lokasi, jumlah keluarga yang menghuni kolong Jalan Tol Waru-Tanjung Perak hingga Kampung 1001 Malam adalah 175 kepala keluarga (KK). Wilayah ini masuk dalam kawasan Lasem Baru, Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan.

Sejumlah keluarga yang tinggal di kolong jalan tol itu terbagi dua dipisahkan sungai, sehingga untuk menuju ke sana harus menggunakan perahu tambang. Warga menempati kolong jalan tol dan Kampung 1001 Malam itu sejak Tahun 1999.

"Di sini ya akses jalannya begini mas. Apalagi kalau malam. Gelap," kata Sigit Santoso alias Mamik, Pengurus Kampung 1001 Malam mengawali ceritanya, Senin (4/1/2021).v

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kepala BNN Petrus Golose Naik Pangkat Jadi Komjen

JAKARTA -- Kapolri Jenderal Idham Azis resmi menaikkan pangkat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus R. Golose dari Inspektur Jenderal (bintang dua) menjadi Komisaris Jenderal (bintang tiga) dalam upacara kenaikan pangkat yang digelar di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1).

Dalam upacara tersebut, tercatat ada 14 perwira tinggi yang naik pangkat terdiri dari empat pati naik pangkat ke Irjen dan 10 pati naik pangkat ke Brigjen. Kemudian ada 31 perwira menengah yang naik pangkat dari AKBP menjadi Komisaris Besar.

Empat pati yang naik pangkat ke Irjen yakni Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Irlan, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Jaya Subriyanto, Pati SSDM Polri penugasan Lemhanas Irjen Pol Agus Sukamso dan Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Ruslan.

Sepuluh pati Brigjen yaitu Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Prihanto Rudiono, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Borent, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Hendi Handoko, Pati Lemdiklat Polri penugasan Lemhanas Brigjen Pol Agus Sadono, Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Ahmad Subarkah, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Atang Heradi.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Miliarder China Ini Ungkap Spekulasi Menghilangnya Jack Ma

Menyusul laporan hilangnya miliarder Jack Ma dari mata publik, sebuah video yang memperkirakan keberadaan pendiri Alibaba dan Ant Group ini beredar di Twitter. Dilansir Newsweek, Senin (4/1), video dari wawancara September 2019 tersebut telah dibagikan ulang ratusan kali di Twitter saat orang-orang berspekulasi tentang apa yang terjadi pada Ma.

Dalam klip tersebut, miliarder asal China Guo Wengui mengatakan kepada Real Vision, hanya ada dua cara masa depan Ma dapat berjalan dengan baik setelah dia meninggalkan Alibaba. "Semua miliarder China, hanya ada dua cara: penjara dan mati."

Wengui melarikan diri dari China sebagai buronan pada 2014. Wengui hingga saat ini masih berada di pengasingan setelah ia mengungkapkan rincian dugaan korupsi di kalangan pejabat Pemerintah China.

Pewawancara Kyle Bass kemudian menegaskan kembali: "Jadi dia (Ma, red) akan masuk penjara, atau dia akan dibunuh."

Wengui kemudian mencatat bagaimana keterlibatan Ma dalam perusahaan keuangan Ant Financial menyebabkan 'masalah besar' bagi China karena hal itu menantang sistem perbankan negara tersebut. Otoritas China ingin 'mengambil alih' perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Ant Group, afiliasi dari Grup Alibaba milik Ma.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. Jack Ma: Dari Hero Menjadi Zero

REPUBLIKA.CO.ID, Di China, Jack Ma identik dengan kesuksesan. Guru bahasa Inggris yang menjadi pengusaha internet ini kini menjadi salah seorang orang terkaya di China, bahkan dunia.

Dia mendirikan Alibaba, sebuah platform jualan online yang mirip dengan Amazon. Setelah Donald J Trump terpilih sebagai presiden pada 2016, Jack Ma adalah orang Tionghoa terkenal pertama yang ditemui Trump.

Jack Ma, bagi sebagian besar publik Barat, adalah simbol perwakilan China modern. Jack Ma disebut sebagai presiden dan pemimpin tidak resmi China di kancah global.

Daddy Ma (Ayah Ma)--begitu biasanya orang-orang China memanggil Jack Ma--bukan lagi pencipta lagu, pengaransemen musik, tetapi juga seorang rock star kelas dunia. Dia adalah bintang di antara bintang musik.

Jack memainkan master kung fu yang tak terkalahkan dalam film pendek pada 2017 yang dikemas dengan aktor dan aktris top Tiongkok.

Ma bernyanyi dengan Faye Wong, diva pop Tiongkok. Kemudian, sebuah lukisan yang dia buat bersama Zeng Fanzhi, seniman top China, dijual pada lelang Sotheby seharga 5,4 juta dolar AS.

Bagi anak China yang muda dan ambisius, kisah Daddy

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler