Jokowi Minta Vaksinasi Covid-19 Selesai Kurang dari Setahun

Jokowi meminta vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia selesai kurang dari setahun.

Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi
Rep: Dessy Suciati Saputri  Red: Bayu Hermawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan program vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan mulai pertengahan Januari 2021 nanti akan selesai dalam waktu 15 bulan. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar program vaksinasi ini dapat selesai dalam waktu kurang dari setahun.

Baca Juga

"Di negara kita, insya Allah, kemarin saya mendapat informasi itung-itungan Pak Menteri 15 bulan. Tapi, masih saya tawar kurang dari setahun harus selesai," ujar Jokowi saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1).

Sedangkan, program vaksinasi untuk seluruh negara di dunia diperkirakan akan selesai dalam waktu 3,5 tahun. Jokowi menekankan, pemerintah masih harus bekerja keras menghentikan pandemi Covid-19 yang terjadi sehingga aktivitas masyarakat pun dapat kembali berjalan normal.  

Jokowi mengingatkan, meskipun vaksinasi akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat, masyarakat diminta agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

"Saya minta untuk tetap kita waspada, tidak lengah. Disiplin terhadap protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, tidak ke tempat kerumunan, jaga jarak, karena kuncinya ada di situ sampai nanti vaksinasi ini selesai," jelasnya.

 

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, Indonesia membutuhkan waktu selama 15 bulan untuk menyelesaikan program vaksinasi kepada seluruh masyarakat di 34 provinsi. Program vaksinasi ini akan dilakukan dalam dua tahap kepada 181,5 juta penduduk.

Tahap pertama, yakni akan dilaksanakan pada Januari hingga April 2021 kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik di seluruh daerah. Kemudian, tahap kedua akan digelar dari April 2021 hingga Maret 2022 kepada masyarakat lainnya.

"Periode kedua berlangsung 11 bulan dari April 2021 hingga Maret 2022 yang artinya akan menjangkau jumlah masyarakat sisa dari periode pertama," jelas Siti Nadia saat konferensi pers Update Target Penyelesaian Vaksinasi dan Kesiapan Vaksin Covid-19, Ahad (3/1).

 

 
Berita Terpopuler