Pakar Binatu Jelaskan Makna Simbol di Label Pakaian

Pemilik akun TikTok Clean Freakz jelaskan makna simbol label pakaian.

Reiny Dwinanda/Republika
Label pakaian. Jangan salah mengenali makna simbol label petunjuk pemeliharan pakaian.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pakar binatu berbagi pengetahuan tentang makna simbol perawatan pada label pakaian lewat akun TikTok-nya “Clean Freakz”. Pria yang bekerja di Jeeves of Belgravia, London, Inggris ini memperingatkan tentang kesalahan dalam mencuci pakaian yang kerap dilakukan.

Di awal video TikTok-nya, pria yang memiliki 60 ribu followers itu membuka dengan pernyataan bahwa seharusnya konsumen lebih cermat dengan membaca label. Menurutnya, keterangan pada label sangat mudah untuk dipahami.

"Kamu terlalu tua dan pintar untuk tidak mengetahui cara membaca label perawatan di pakaian,” kata dia, seperti dilansir The Sun pada Sabtu (2/1).

Pria itu memulai dengan simbol mesin cuci tanpa tanda silang. Ia menjelaskan bahwa itu berarti pakaian bisa dibersihkan memakai mesin cuci seperti biasa.

Baca Juga

Sebaliknya, jika simbol mesin cuci dibubuhi tanda silang maka pakaian tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Lalu, simbol mesin cuci dengan tanda titik satu, dua, dan tiga berhubungan suhu yang dianjurkan ketika mencuci.

"Titik-titik dalam simbol itu berhubungan dengan suhu. Satu titik berarti suhu terendah, dan titik ini bisa ada sampai lima buah, meski itu sangat jarang,” kata dia.

Lingkaran polos artinya pakaian harus dicuci dengan teknik dry clean. Lingkaran dengan tanda silang bermakna sebaliknya. Jenis pakaian yang dianjurkan untuk dicuci dry clean misalnya berbahan kasmir, wool, sutra, dan satin.

Gambar segitiga bermakna bahannya aman untuk dicuci dengan pemutih pakaian. Sebaliknya, kalau ada tanda silang pada segitiga, itu artinya Anda tak bisa merendam pakaian dengan pemutih.

Lalu, tanda setrika yang dicoret dengan garis bergelombang di bawahnya berarti pakaian tak bisa dilicinkan dengan setrika uap. Sedangkan gambar kotak dengan lingkaran di dalamnya, berarti bahan tersebut dapat dengan aman dimasukkan ke dalam mesin pengering.

"Jika ada tanda silang pada gambar kotak, itu tandanya bahan pakaian bisa rusak kalau dimasukkan ke dalam pengering," tuturnya.

Warganet yang melihat video tersebut langsung membanjiri kolom komentar. Salah satu akun mengatakan bahwa ini adalah informasi sederhana namun sangat penting.

"Gila!! Ini adalah pengumuman layanan publik yang penting, terima kasih," kata salah seorang warganet.

"Ini adalah hal terpenting yang saya pelajari di tahun 2020,” tambah akun lain berkomentar.

Akun lain juga mengaku terkejut dengan video itu. “Mind blowing banget videonya,” kata dia.

 
Berita Terpopuler