Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020

Sepanjang 2020 sejumlah ulama berpulang ke rahmatullah.

Republika/ Wihdan
Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020. Pemakaman Gus Sholah. Jenazah KH Solahuddin Wahid tiba di komplek Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2).
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sepanjang 2020 sejumlah ulama berpulang ke rahmatullah. Kepergian mereka tentu meninggalkan duka mendalam dan menjadi kerugian bagi kita semua. 

Baca Juga

Namun, wafatnya para ulama sudah menjadi takdir dari Allah SWT. Berikut ini, kompilasi Republika.co.id mengenai siapa saja ulama yang berpulang tahun ini. Semoga, bisa menjadi pembelajaran dan introspeksi diri. 

Yunahar Ilyas 

Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas meninggal dunia pada Kamis malam, 2 Januari 2020 pukul 23.47 WIB di RS Sardjito, Yogyakarta. Almarhum tutup usia setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta. Sebelumnya, dia memang sakit dan menjalani cuci darah.

Putra minang ini dikenal sangat konsisten mendakwahkan Islam ke berbagai wilayah. Berkali-kali dia menekankan dakwah Islam harus mencerahkan dan menginspirasi umat sehingga menggerakkan mereka untuk membangun bangsa dan peradaban.

Prof Yunahar Ilyas - (Republika)

 

Gus Sholah

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Ahad malam, 2 Februari 2020. Gus Sholah adalah adik mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).Sejak Januari lalu beliau sempat dirawat di rumah sakit pascaoperasi ablasi jantung

KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) - (Republika TV)

KH Ghozali Masruri

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ghozali Masruri meninggal dunia pada Rabu, 19 Februari 2020 sekitar pukul 10.45 WIB.  Kiai Ghozali merupakan salah satu kiai NU ahli ilmu falak. Jasa almarhum Kiai Ghazali sangat besar sehingga umat Islam Indonesia, khususnya warga NU, bisa melaksanakan puasa, sholat Idul Fitri, dan sholat Idul Adha. 

Prof KH Usman Said 

Ulama senior sekaligus cendekiawan Sumatra Selatan (Sumsel) meninggal dunia dalam usia 77 tahun di Palembang, Kamis, 16 April 2020. Beliau pernah menjabat ketua umum Pengurus Masjid Agung Sultan Machmud Badaruddin II Palembang. Selain berdakwah, ulama kelahiran Palembang, 4 April 1943 tersebut juga kerap menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

Tatkala memberikan materi ceramahnya, Usman Said kerap meminta pengurus Masjid Agung tidak memasang mikrofon atau speaker ke luar masjid. Alasan dia, tidak ingin ceramahnya menganggu aktivitas masyarakat yang berada di luar masjid.

Guru Zuhdi

Ulama karismatik asal Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), KH Ahmad Zuhdiannoor (48 tahun) wafat saat dirawat di RS Medistra Jakarta, Sabtu, 2 Mei 2020 sekitar pukul 06.35 WIB. Guru Zuhdi dikabarkan telah menjalani perawatan di RS di Jakarta sejak beberapa hari sebelum dinyatakan wafat karena sakit jantung. Beliau merupakan seorang pendakwah yang selalu menyebarkan Islam moderat. 

Warga menyambut iring-iringan mobil jenazah KH Ahmad Zuhdiannoor saat melintas di jalan menuju rumah duka di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (2/5/2020). Ulama karismatik KH Ahmad Zuhdiannoor atau yang akrab disapa Guru Zuhdi wafat pada usia 47 tahun pada hari Sabtu (2/5/2020) saat dalam penanganan medis di Rumah Sakit Medistra di Jakarta. - (ANTARA/Bayu Pratama S)

 

KH Syamsul Hadi Abdan

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Syamsul Hadi Abdan berpulang pada Senin 18 Mei 2020.  KH Syamsul menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr. Soedono Madiun, Jawa Timur setelah mendapat perawatan sejak Senin, 11 Mei 2020.

KH Syamsul menjadi Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor sejak 2006, menggantikan KH Imam Badri. Ia pernah menjadi Direktur Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) pada 2002-2006. KH Syamsul wafat di usia 76 tahun, meninggalkan lima anak dan 15 cucu.

KH Syamsul Hadi Abdan wafat. - (tangkapan layar Instagram Gontor)

 

KH Hilmi Aminuddin

Ketua  Majelis Syura PKS 2005-2015 KH Hilmi Aminuddin berpulang ke rahmatullah, pukul 14.24 WIB di RS Santosa Central, Bandung, Selasa, 30 Juni 2020. Almarhum pernah menjadi ketua Majelis Syuro PKS. Almarhum pernah berkuliah di Fakultas Syariah Universitas Islam di Madinah, Arab Saudi.

Prof KH Abdullah Syam

Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Prof KH Abdullah Syam atau Abdullah Syarief Mukhtar meninggal dunia, Selasa 14 juli 2020. Abdullah Syam meninggal dunia karena menderita komplikasi diabetes, hipertensi, dan jantung.

 

KH Hasyim Wahid

KH Hasyim Wahid adalah adik bungsu almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Gus Im meninggal pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Gus Im meninggal dunia di RS Mayapada Jakarta pada pukul 04.18 WIB. 

Santri berasa di liang lahat untuk pemakaman KH Hasyim Wahid, adik bungsu Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2020). KH Hasyim Wahid atau Gus Im merupakan putra bungsu pasangan pahlawan nasional KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Solichah, meninggal dunia Sabtu, pukul 04.18 WIB di RS Mayapada, Jakarta pada usia 67. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp. - (Antara/Syaiful Arif)

 

KH Abdullah Syukri Zarkasyi 

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor ini wafat pada 21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB di kediamannya di Gontor. Beliau adalah putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor. Almarhum meninggal akibat sakit.

KH Fuad Mun'im Djazuli

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Ploso, Kabupaten Kediri, Jawa Timur KH Fuad Mun'im Djazuli wafat pada 17 Oktober 2020 pukul 03.00 WIB di RS Darmo Surabaya. KH Fuad Mun’im Djazuli merupakan adik kandung dari almarhum KH Hamim Tohari Djazuli atau Gus Miek.

KH Fuad dikenal sebagai pengampu sejumlah kitab rujukan di Pesantren Ploso. Beliau sudah sepuh dan mempunyai riwayat sakit, termasuk jantung.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, KH Fuad Munim Djazuli wafat, Sabtu (17/10). - (@KhofifahIP)

 

KH Noer Muhammad Iskandar SQ

Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta Barat KH Noer Muhammad Iskandar SQ meninggal dunia, Ahad 13 Desember 2020. KH Nur Muhammad meninggal bukan karena Covid-19, akan tetapi disebabkan penyakit yang lain.

 
Berita Terpopuler