Bahaya Terorisme Sayap Kanan dan Teror Atas Nama Islam

Terorisme sayap kanan Barat dan teroris atas nama Islam sama-sama bahaya

VOA
Terorisme sayap kanan Barat dan teroris atas nama Islam sama-sama bahaya Gerakan ISIS (ilustrasi)
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON –  Direktur Eksekutif The Investigative Project on Terrorism, Steven Emerson, menulis sebuah artikel tentang ekstremisme Islam yang dimuat di laman Newsmax, Senin (21/12). Emerson juga merupakan koresponden untuk CNN dan editor senior di US News.

Baca Juga

Emerson mengungkapkan bahwa ekstremisme Islamis tetap menjadi bentuk terorisme paling mengancam di seluruh dunia sejauh ini, menurut laporan Indeks Terorisme Global (GTI) 2020 terbaru. 

Di antara 20 negara teratas yang paling rentan terhadap terorisme, 19 di antaranya sebagian besar menjadi sasaran para aktor Islam bersenjata.

Empat organisasi teroris paling mematikan yang diidentifikasi dalam penelitian tersebut adalah Taliban, Boko Haram, ISIS, dan kelompok al-Shabaab yang berafiliasi dengan Alqaeda yang berbasis di Somalia. Organisasi-organisasi Islam ini berada di balik lebih dari setengah dari total kematian yang tercatat pada 2019.

Beberapa media, bagaimanapun, memilih untuk melaporkan studi GTI dengan menyoroti tren peningkatan aktivitas teroris sayap kanan di Barat. Namun melihat lebih dekat pada data GTI itu sendiri menawarkan cerita yang lebih akurat.

Meskipun insiden teroris sayap kanan meningkat, serangan teroris atas nama Islam di Barat rata-rata jauh lebih mematikan. Sejak 2002, serangan ekstremis sayap kanan telah menyebabkan 0,86 kematian per insiden, sedangkan kelompok Islam membunuh 4,49 orang per serangan.

Penemuan studi tersebut membuat penulisnya menyatakan bahwa "bentuk terorisme paling mematikan di Barat selama dua dekade terakhir adalah terorisme agama, yang hampir secara eksklusif mengambil bentuk terorisme Islam radikal."

 

Institute for Economics & Peace yang berbasis di Sydney, Australia mengumpulkan laporan GTI tahunan berdasarkan data dari Global Terrorism Database (GTD) dan sumber lainnya. GTD mencakup lebih dari 170 ribu insiden teroris dari 1970-2019.

Laporan GTI menemukan bahwa di antara 13.826 kematian terkait terorisme tahun lalu, kelompok sayap kanan termasuk supremasi kulit putih dan neo-Nazi, yang menewaskan 89 orang. Satu serangan pria bersenjata di dua masjid di Selandia Baru menyebabkan 51 kematian itu.

Selain itu, orang-orang yang tidak terafiliasi adalah pelaku utama serangan ekstremis sayap kanan, bukan kelompok teroris yang cenderung lebih mematikan dan lebih terorganisir. 

Hampir 60 persen serangan teroris sayap kanan sejak 1970 dilakukan  orang-orang yang tidak berafiliasi dengan organisasi atau jaringan mana pun, sedangkan lebih dari 90 perse serangan Islam melibatkan penyerang yang berafiliasi atau bagian dari organisasi teroris formal.

Ketidaksesuaian ini menimbulkan implikasi penting untuk menilai kematian dan ancaman keseluruhan dari para aktor teroris yang didorong oleh ideologi yang beragam. Serangan teroris di Barat juga merupakan sebagian kecil (0,51 persen) dari total serangan yang tercatat di seluruh dunia.

Laporan GTI menemukan bahwa 96 persen kematian terkait teroris tahun lalu terjadi di negara bagian yang mengalami konflik bersenjata, yang terutama terjadi di luar Barat. 

Kampanye kekerasan yang dipimpin Islamis adalah pendorong utama serangan teroris global, yang mengancam sebagian besar masyarakat Muslim di seluruh dunia dari Asia, di negara-negara seperti Afghanistan, Filipina, dan India hingga Afrika, di tempat-tempat seperti Nigeria, Somalia, Mesir, dan Mozambik.

Penemuan ini memperkuat kesimpulan dari studi lain baru-baru ini yang menunjukkan bahwa organisasi teroris agama, terutama kelompok Islam, jauh lebih mungkin dibandingkan kelompok lain yang bermotivasi ideologis untuk meluncurkan dan melawan pemberontakan yang berkelanjutan.

Sementara kelompok agama tidak mungkin mencapai tujuan akhir mereka, seperti mengalahkan negara dalam konflik bersenjata atau mendirikan kekhalifahan global, banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa organisasi Islam berada di belakang lebih banyak serangan teroris dan korban di seluruh dunia daripada jenis kelompok bersenjata lainnya.

Sisi positifnya, total kematian akibat terorisme telah menurun dalam beberapa tahun terakhir di sebagian besar wilayah. 

Berita selamat datang ini sebagian besar dapat dikaitkan dengan upaya kontraterorisme yang berhasil melawan organisasi inti ISIS. Tetapi aktivitas jihadis menyebar melampaui pusat gravitasi tradisionalnya dan tetap menjadi ancaman teroris terbesar secara global. 

Sejak 2013, afiliasi ISIS telah melakukan lebih dari 3.000 serangan di 48 negara di luar basis pusatnya di Suriah dan Irak. Kematian akibat terorisme di Asia Selatan dan sub-Sahara Afrika sekarang melampaui kematian terkait teroris di Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Tujuh dari 10 negara dengan peningkatan serangan tertinggi selama setahun terakhir berada di sub-Sahara Afrika, negara-negara yang menghadapi peningkatan ketidakstabilan terutama di tangan organisasi jihadis.  

Burkina Faso, misalnya, mengalami peningkatan 590 persen dalam kematian terkait terorisme selama setahun terakhir karena berbagai afiliasi al-Qaeda dan ISIS memperluas kehadiran mereka di seluruh wilayah Sahel Afrika Barat. 

Penting untuk dicatat bahwa dengan mengeksplorasi insiden teroris, laporan GTI mengabaikan banyak plot yang gagal.

Namun, jika memeriksa plot yang digagalkan atau terganggu, maka ini meningkatkan pemahaman kita tentang ancaman teroris. Misalnya, laporan Europol sebelumnya menunjukkan bahwa separatis Eropa melakukan lebih banyak serangan daripada jihadis di benua itu.

Tetapi penilaian ini salah menggambarkan fakta bahwa ancaman jihadis bersifat transnasional, tidak secara inheren terlokalisasi seperti gerakan separatis, dan lebih mungkin menyebabkan lebih banyak korban jiwa.

Memberikan konteks yang lebih luas sangat penting ketika membandingkan ancaman teroris, baik di Barat maupun secara global. Terlepas dari prevalensi terorisme dari berbagai sumber, terorisme Islam terus menjadi bentuk terorisme yang paling parah secara keseluruhan.

 

 

Sumber: https://www.newsmax.com/t/newsmax/article/1002463?section=emerson&keywords=gti-mosques-supremacists-taliban&year=2020&month=12&date=21&id=1002463&oref=c.newsnow.co.uk   

 
Berita Terpopuler