Mobil Swakemudi Nuro Segera Mengaspal di Kalifornia

Nuro harus memenuhi beberapa standar keselamatan sebelum beroperasi.

Carscoops
Mobil Swakemudi. Ilustrasi
Rep: Uji Sukma Medianti Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan teknologi, Nuro, telah mengantongi persetujuan atau izin untuk mengoperasikan layanan dari lembaga berwenang di negara bagian Kalifornia, Amerika Serikat. Nuro, yang telah menguji kendaran tanpa pengemudi sejak 2017 itu, sekarang mulai rutin digunakan sebagai pengiriman makanan, minuman, obat-obatan dan produk lainnya.

Baca Juga

“Penerbitan izin penerapan pertama adalah tonggak penting dalam evolusi kendaraan otonom di Kalifornia,” kata Steve Gordon, Direktur Departemen Kendaraan Bermotor Negara Bagian dilansir dari Bloomberg, Kamis (24/12).

Dengan persetujuan tersebut, Nuro, yang mengoperasikan Toyota Prius dan kendaraan kecilnya sendiri yang dikenal sebagai R2, melompat ke depan dalam perlombaan untuk memulai operasi komersial rutin menggunakan kendaraan tanpa pengemudi. 

Unit GM Cruise, Waymo LLC dan unit Amazon.com Inc, Zoox juga telah mendapatkan persetujuan untuk pengujian di Kalifornia dan semuanya mencari keuntungan dari teknologi baru tersebut.

 

Nuro harus memenuhi beberapa standar keselamatan, seperti menunjukkan kendaraannya mampu menghindari bahaya dan membuat rencana bagaimana berinteraksi dengan polisi dan petugas tanggap darurat lainnya.

Februari lalu, perusahaan memenangkan pengecualian untuk beroperasi dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, yang merupakan persyaratan negara bagian lainnya.

Pengiriman hanya dapat terjadi selama kondisi cuaca baik, kendaraan dibatasi dengan kecepatan maksimum 25 mil per jam dan dibatasi pada jalan tertentu. Perusahaan hanya dapat beroperasi di wilayah Santa Clara dan San Mateo, di wilayah Teluk San Francisco.

 

 
Berita Terpopuler