Misi Mulia Ancelotti Bawa Everton ke Liga Champions

Ancelotti kembali menghidupkan semangat berjuang Everton sejak datang pada 2019 lalu.

EPA-EFE/Peter Powell
Carlo Ancelotti
Rep: Anggoro Pramudya Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  MERSEYSIDE -- Mendekati satu tahun bekerja bersama Everton, pelatih Carlo Ancelotti sangat berharap dirinya bisa mewujudkan mimpi the Toffees untuk kembali mentas di ajang paling elit Benua Biru, Liga Champions untuk musim depan.

Baca Juga

Ancelotti kembali menghidupkan semangat berjuang Everton sejak datang pada 2019 lalu. Pengalamannya dalam mengarsiteki beberapa klub top dunia menjadi landasan bagi performa impresif the Toffees musim ini.

Bahkan pada perjalanan kampanye Liga Primer Inggris 2020/2021, Everton sempat dibawa Ancelotti menduduki singgasana klasemen. Meskipun saat ini Merseyside Biru merosot ke peringkat lima namun kans mereka untuk finis di empat besar terbuka lebar.

"Kami bisa lebih kompetitif, saya harap, musim ini tetapi juga musim depan. Kami perlu memiliki waktu setidaknya dua tahun untuk memperbaiki dan meningkatkan level kami," kata Ancelotti diwawancara Liverpool Echo, Jumat (18/12).

Dengan produktivitas para pemain Everton yang lebih merata setelah diberi stimulasi oleh Ancelotti melalui kedatangan James Rodriguez dan beberapa pemain barunya, tetangga Liverpool ini memberikan harapan bisa mencapai target Ancelotti, yaitu minimal meraih tiket ke Liga Europa dengan nantinya finis di lima besar Liga Primer Inggris.

"Target musim depan adalah mencapai empat besar Liga Primer, dan ketika Anda berada di empat besar Anda jelas mampu berjuang untuk mendapatkan gelar," sambung eks pelatih AC Milan dan Real Madrid.

Ancelotti yang telah banyak memenangkan gelar prestisius selama melatih klub semacam Madrid, Milan, Chelsea, dan PSG meyakini persaingan papan atas Liga Primer Inggris tak banyak berubah.

Ia mengeklaim MU dan Liverpool masih menjadi tim yang sangat kuat, sedangkan Manchester City tumbuh pada periode yang sangat mengesankan dalam beberapa musim terakhir, di samping Tottenham Hotspur yang mulai membangun mimpi besar.

"Tapi, untuk saat ini, kembali ke Eropa dalam bentuk apapun adalah tujuannya. Berada di Eropa musim depan. Jika itu Liga Champions, itu akan menjadi impian bagi kami tapi saya pikir kami bisa bersaing untuk posisi di Eropa, secara umum."

 
Berita Terpopuler