Guardiola: Tottenham Pesaing Gelar Juara Liga Inggris

Tottenham mengalahkan Manchester City 2-0.

EPA-EFE/Jason Cairnduff
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola
Rep: Anggoro Pramudya Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Manchester City Josep Guardiola menempatkan Tottenham Hotspur sebagai pesaing gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Pernyataan Guardiola ini dilontarkan setelah City takluk 0-2 dari Tottenham pada laga pekan kesembilan Liga Primer Inggris 2020/2021 di Stadion Tottenham Hotspur, Ahad (22/11) dini hari WIB.

Baca Juga


"Mereka berada di puncak klasemen. Jadi jelas mereka lebih bersaing dari siapa pun saat ini," kata Guardiola, dikutip Goal, Ahad (22/11).

Kedua gol the Lilywhites hadir melalui Son Heung-min pada menit kelima dan Giovani Lo Celso menit ke-65. Hasil itu menjadi pukulan telak bagi the Citizen mengingat mereka gagal mengamankan poin maksimal dalam dua partai terakhir di Liga Primer.

Posisi Manchester City pun semakin sengsara dengan tercecer di peringkat ke-11 dan baru mengoleksi 12 angka dari tiga kemenangan, tiga imbang, dan dua kekalahan. Mereka tertinggal delapan angka dari Tottenham di pucuk klasemen.

"Kami memiliki satu pertandingan lebih sedikit, tetapi ada banyak tim di depan kami. Kami harus mencoba memenangkan pertandingan, kami tahu itu," sambung entrenador asal Spanyol.

Guardiola menyebut Spurs berada di jalur sebagai tim penantang gelar musim ini. Pasukan Jose Mourinho tampil apik di sektor pertahanan dengan hanya kemasukan sembilan gol dari sembilan laga yang sudah dimainkan.

Eks pelatih Bayern Muenchen dan Bacelona menjelaskan faktor permasalahan timnya saat ini adalah tumpulnya lini depan mereka. Gabriel Jesus dan kolega kerap gagal memanfaatkan peluang untuk dijadikan gol.

"Dalam urusan permainan kami tak jauh dengan mereka, tapi kami kesulitan untuk mencetak gol. Kenyataanya kami hanya membuat 10 gol, dan itu jelas tidak baik," kata dia.

Sejak datang ke Stadion Etihad pada 2016, Guardiola telah membantu the Eastland memenangkan dua gelar Liga Primer. Namun, dalam dua periode kali ini entrenador 49 tahun mengakui perburuan titel gelar juara sangat terbuka.

Berkaca hingga pekan kesembilan beberapa tim unggulan seperti juara bertahan Liverpool tengah mengarungi pekan yang sulit setelah diterpa badai cedera. Sementara, Manchester United tak kunjung memainkan penampilan konsisten. Sementara tim besutan Frank Lampard Chelsea perlahan tapi pasti mulai menemukan sentuhan terbaiknya.

Posisi peringkat lima yang ditempat Southampton dengan jarak perolehan angka tim peringkat empat, tiga, dua dan satu pun hanya berselisih dua hingga tiga poin. Praktis, persaingan liga kali ini bakal berjalan secara menarik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler