Trump Nyatakan Pilpres AS Dicuri, Biden Dekati Kemenangan

Pilpres AS cermin masyarakat yang terbelah dengan akut

ABC
Unggahan sebuah laman soal Trum yang di turunkan Facebook
Red: Muhammad Subarkah

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON / WILMINGTON, Del -- Dengan peluang pemilihan ulangnya memudar karena lebih banyak suara dihitung di beberapa negara bagian, Presiden AS Donald Trump melancarkan serangan luar biasa terhadap proses demokrasi negara itu. Dari Gedung Putih pada hari Kamis (5/6) waktu AS, dia secara keliru mengklaim pemilihan tersebut sedang 'dicuri' darinya.

Dan dengan tidak menawarkan bukti, Trump mengecam pekerja pemilu dan dugaan penipuan di negara bagian. Ini dilakukan di mana hasil dari semakin berkurangnya suara tak terhitung mendorong Demokrat Joe Biden lebih dekat ke kemenangan.

"Ini adalah kasus di mana mereka mencoba mencuri pemilihan," kata Trump, yang berbicara selama sekitar 15 menit di ruang rapat Gedung Putih sebelum pergi tanpa menjawab pertanyaan. Berita ini dilansir laman Jerusalem Post beberapa jam lalu.

Biden, mantan wakil presiden, terus menggerogoti kepemimpinan petahana Partai Republik di Pennsylvania dan Georgia bahkan ketika dia mempertahankan keunggulan tipis di Nevada dan Arizona. Biden kini  bergerak lebih dekat untuk mengamankan 270 suara di Electoral College negara bagian yang menentukan pemenang .

Di Pennsylvania, keunggulan Trump telah menyusut dari 319.000 pada Rabu sore menjadi 53.000 sehari kemudian, sementara marginnya di Georgia turun dari 68.000 menjadi kurang dari 4.000. Angka-angka itu diperkirakan akan terus mendukung Biden, dengan banyak surat suara yang beredar dari daerah-daerah yang biasanya memilih Demokrat, termasuk kota Philadelphia dan Atlanta.

Biden, sementara itu, melihat keunggulannya di kontrak Arizona dari 93.000 menjadi 65.000. Dia unggul di Nevada dengan hanya 11.000 suara.

Biden akan menjadi presiden berikutnya dengan memenangkan Pennsylvania, atau dengan memenangkan dua dari trio Georgia, Nevada dan Arizona. Jalur yang paling mungkin Trump tampak lebih sempit - dia harus bertahan di Pennsylvania dan Georgia sambil menyalip Biden di Nevada atau Arizona.

Sebagian besar jaringan televisi utama memberi Biden keunggulan 253 hingga 214 dalam pemilihan Electoral College, yang sebagian besar ditentukan oleh populasi negara bagian. Ini terjadi setelah ia merebut negara bagian penting Wisconsin dan Michigan pada hari Rabu.

Ketika para demonstran berbaris di beberapa kota AS untuk hari kedua berturut-turut. Saat itu nasib pemilihan berada di tangan pegawai sipil yang secara metodis menghitung ratusan ribu surat suara yang banyak di antaranya dikirim melalui pos di tengah pandemi virus corona.

Hasil akhir di setiap negara bagian bisa memakan waktu berhari-hari. Menteri Luar Negeri Pennsylvania Kathy Boockvar mengatakan pada Kamis sore bahwa negara bagian masih memiliki sekitar 350.000 surat suara yang belum dihitung tetapi diperkirakan sebagian besar akan dihitung pada hari Jumat.

Di Georgia, Gabriel Sterling, seorang pejabat pemilu, mengatakan akan "membutuhkan waktu" untuk memproses puluhan ribu surat suara yang tersisa. Arizona, di mana ada sedikitnya 400.000 surat suara yang tersisa, dan Nevada, yang memiliki 190.000 suara tak terhitung, juga diperkirakan membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan penghitungannya.

 

Pernyataan Trump mengikuti serangkaian posting Twitter dari Trump pada hari sebelumnya yang menyerukan penghitungan suara untuk dihentikan. Dan kini tertinggal dari Biden di cukup banyak negara bagian untuk menyerahkan kursi kepresidenan kepada Demokrat.

Kampanye Trump, sementara itu, mengejar banyak tuntutan hukum di Georgia, Michigan, Nevada dan Pennsylvania, meskipun hakim di Georgia dan Michigan dengan cepat menolak tantangan tersebut. Pakar hukum mengatakan kasus-kasus itu kecil kemungkinannya mempengaruhi hasil pemilu.

Biden menulis di Twitter tak lama setelah kemunculan Trump di Gedung Putih, "Tidak ada yang akan mengambil demokrasi kami dari kami." Dalam sambutan sebelumnya dari kampung halamannya di Wilmington, Delaware, Biden menyatakan keyakinannya bahwa dia akan menang dan mendesak ketenangan saat suara dihitung.

"Demokrasi terkadang berantakan," kata Biden. "Kadang-kadang dibutuhkan sedikit kesabaran juga. Tapi kesabaran itu telah dihargai sekarang selama lebih dari 240 tahun dalam sistem pemerintahan yang membuat iri dunia."

Jajak pendapat baru Reuters / Ipsos menunjukkan mayoritas bipartisan orang Amerika menolak deklarasi kemenangan prematur Trump dan mendukung penghitungan semua suara.

Pemilu yang ketat menggarisbawahi perpecahan politik yang mendalam di negara itu. Sementara penghitungan lambat jutaan surat suara yang masuk berfungsi sebagai pengingat pandemi mematikan yang terus menjungkirbalikkan kehidupan Amerika.

Biden, jika dia menang, bagaimanapun akan gagal menyampaikan penolakan besar-besaran kepada Trump yang diharapkan Demokrat. Dan ini memang mencerminkan dukungan mendalam yang dinikmati presiden meskipun empat tahun masa jabatannya akan penuh gejolak. Pengaruh Trump pada Partai Republik akan tetap kuat, bahkan jika dia kalah dalam pemilihan yang ketat.

Pemenang pilpres AS ini akan menghadapi pandemi yang telah menewaskan lebih dari 234.000 orang Amerika dan membuat jutaan lainnya kehilangan pekerjaan. Bahkan situasi ini terjadi ketika negara itu masih bergulat dengan akibat kerusuhan selama berbulan-bulan atas hubungan ras dan kebrutalan polisi AS.

Biden memimpin Trump dengan lebih dari 3,9 juta suara populer nasional, meskipun itu tidak berperan dalam menentukan pemenang. Trump kehilangan suara populer sekitar 3 juta dari Demokrat  saat pencalonan Hillary Clinton pada tahun 2016. Kala itu dia mendapatkan kemenangan yang mengecewakan dengan memenangkan negara-negara bagian utama di Electoral College.

Trump kini mencoba untuk menghindari menjadi presiden AS petahana pertama yang kalah dalam pemilihan ulang sejak rekan Republik George H.W. Bush pada tahun 1992.

Trump, yang sering menikmati perselisihan hukum selama karier bisnisnya yang bergejolak, kini masih berada di Gedung Putih sembari mengerjakan telepon dan memantau perkembangan di televisi, kata dua penasihat Trump. Dia juga telah berbicara dengan gubernur negara bagian serta teman dekat dan pembantunya dan mengirim beberapa penasihat terdekatnya ke lapangan untuk memperjuangkannya.

"Trump sangat terlibat, dia memantau, berbicara dengan semua negara bagian. Kelihatannya memang tidak bagus tapi orang ini ingin terus berjuang. Dia sedang dalam mood bertengkar sekarang. Dia tidak melankolis atau sedih. Tapi jalannya semakin sulit,'' kata seorong pesihat kepercayaannya,

Twitter dan Facebook telah menandai banyak postingan dari Trump sejak Hari Pemilihan sebagai menyesatkan.

Retorika Trump telah mendapatkan daya tarik dari beberapa pendukung. Sebuah grup Facebook bernama "Hentikan Pencurian" mendorong klaim palsu penipuan pemilih yang memperoleh ratusan ribu anggota pada hari Kamis. Namun setelah itu 'raksasa' media sosial itu menurunkan halaman tersebut, dengan alasan seruan untuk kekerasan.

Pendukung kedua kandidat juga mengadakan protes kecil di luar pusat pemungutan suara pada hari Kamis, meskipun demonstrasi sebagian besar berlangsung damai.

Trump, yang selama kampanye panjang dan kasar menyerang integritas sistem pemungutan suara AS, sekali lagi menuduh kecurangan pemungutan suara tanpa memberikan bukti, mengajukan tuntutan hukum dan menyerukan setidaknya satu penghitungan ulang negara.

Kampanye Trump menyerukan penghitungan ulang di Wisconsin, di mana Biden memimpin sekitar 21.000 suara dari 3,3 juta suara. Selisih ini cukup tipis dan bisa memberinya hak untuk penghitungan ulang. Namun, para ahli pemilu mengatakan penghitungan ulang di Wisconsin dipandang tidak mungkin mengubah hasil.

 

Kampanye Trump mengumumkan rencana untuk mengajukan gugatan Nevada yang menuduh serangkaian ketidakberesan dalam pemilihan umum.

 
Berita Terpopuler