Enam Perusahaan China Masuk Daftar Hitam AS

Perusahaan itu dinilai membantu Iran menghindari sanksi AS.

AP / Andy Wong
Hubungan AS China.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON  -- Amerika Serikat pada Senin memasukkan dua pria dan enam lembaga China karena berurusan dengan perusahaan ekspedisi Iran, Islamic Republic of Iran Shipping Lines (IRISL). Mereka dinilai membantu Iran menghindari sanksi AS.

Departemen Luar Negeri AS mengidentifikasi lembaga tersebut sebagai Reach Holding Group (Shanghai) Company Ltd, Reach Shipping Lines, Delight Shipping Co., Ltd, Gracious Shipping Co. Ltd, Noble Shipping Co. Ltd, dan Supreme Shipping Co. Ltd.

Baca Juga

AS juga telah menargetkan Eric Chen, alias Chen Guoping, CEO Reach Holding Group (Shanghai) Company Ltd dan Daniel Y. He, alias He Yi, presiden dari perusahaan tersebut.

Dengan dicantumkannya nama mereka dalam daftar Specially Designated Nationals Departemen Keuangan AS, maka aset lembaga dan individu tersebut dibekukan berdasarkan yuridiksi AS. Selain itu, warga AS secara umum dilarang terlibat bisnis dengan mereka.

"Hari ini, kami kembali menegaskan peringatan kepada para pemangku kepentingan di seluruh dunia: Jika anda berbisnis dengan IRISL, anda berisiko sanksi AS," kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo melalui pernyataan.

Departemen Luar Negeri menuding enam lembaga tersebut menyediakan produk atau layanan signifikan yang digunakan sehubungan dengan sektor ekspedisi Iran. Reach Holding Group dan unit Reach Shipping Lines juga membantu IRISL dan anak cabangnya menghindari sanksi AS.

Sanksi tersebut merupakan terbaru yang dijatuhkan oleh AS menyusul keputusan Presiden Donald Trump pada 2018 untuk hengkang dari perjanjian nuklir Iran 2015.

 
Berita Terpopuler