Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Everton Bertahan di Puncak

Everton menahan imbang Liverpool 2-2.

PA POOL/Peter Byrne/ POOL
Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin melompat untuk menanduk bola saat melawan Liverpool.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Everton aman di puncak klasemen Liga Primer Inggris, terbantu keputusan VAR yang menguntungkan mereka pada laga derbi Merseyside, Sabtu (17/10). Gawang Everton dikoyak oleh kapten Liverpool Jordan Henderson pada injury time. Namun VAR dan wasit Michael Oliver sepakat Sadio Mane terjebak offside dalam proses serangan yang dituntaskan Henderson, sehingga skor 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan di Goodison Park.

Baca Juga


Kendati catatan sapu bersih Everton berakhir, tambahan satu poin cukup mengamankan posisi tim besutan Carlo Ancelotti di puncak klasemen setidaknya sepekan ke depan. Sebab koleksi 13 poin tidak mungkin dikejar oleh tim-tim lain di bawah mereka, termasuk Liverpool (10) yang sementara menduduki posisi kedua.

Kegembiraan juga jadi milik rival Liverpool lainnya, Manchester United, yang meraih kemenangan telak 4-1 atas Newcastle United berkat tiga gol yang mereka hujamkan ke gawang tuan rumah dalam 10 menit terakhir pertandingan di St. James Park.

Hasil itu menuntun tim besutan Ole Gunnar Solskjaer kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan di dua pertandingan terakhir. Hasil ini membuat MU naik ke peringkat ke-14 dengan koleksi enam poin.

Rival sekota MU, Manchester City, juga kembali ke jalur kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Arsenal berkat gol tunggal Raheem Sterling di Etihad. City kini menempati peringkat kesembilan dengan tujuh poin, sedangkan Arsenal (9) sementara melorot ke peringkat kelima.

Dalam laga lebih awal, Chelsea terpaksa kehilangan dua poin dari tangan mereka lantaran Jannik Vestergaard mencetak gol pada injury time untuk mengantarkan Southampton memaksakan skor imbang 3-3 di Stamford Bridge.

Satu poin yang dibagi cukup membuat Chelsea sementara naik ke urutan keenam dengan koleksi delapan poin, sedangkan Southampton merangsek ke urutan ke-10.

Rangkaian pekan kelima Liga Inggris masih berlanjut Ahad (18/10) malam ini, dengan Aston Villa berpeluang untuk melanjutkan tren sapu bersih mereka saat bertandang ke markas Leicester City.

Kedua tim berpeluang menggusur Liverpool dari posisi kedua klasemen sementara sembari memangkas jarak dari Everton. Sementara itu, Tottenham Hotspur berpeluang menyodok ke empat besar jika bisa menang atas tamunya West Ham United.

Dua tim terbawah di klasemen saat ini, Sheffield United dan Fulham, akan bertemu satu sama lain di Bramall Lane berburu kemenangan perdana mereka musim ini.

Berikut hasil dan jadwal pekan kelima Liga Primer Inggris (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (17/10) malam s.d. Ahad (18/10) dini hari WIB

Everton 2-2 Liverpool (Michael Keane 19', Dominic Calvert-Lewin 81'; Sadio Mane 3', Mohamed Salah 72')

Chelsea 3-3 Southampton (Timo Werner 15', 28', Kai Havertz 59'; Danny Ings 43', Che Adams 57', Jannik Vestergaard 90+2')

Manchester City 1-0 Arsenal (Raheem Sterling 23')

Newcastle United 1-4 Manchester United (Luke Shaw bd-2'; Harry Maguire 23', Bruno Fernandes 86', Aaron Wan-Bissaka 90', Marcus Rashford 90+6')

Ahad (18/10) malam s.d. Senin (19/10) dini hari WIB

18.00 Sheffield United vs Fulham

20.00 Crystal Palace vs Brighton & Hove Albion

22.30 Tottenham Hotspur vs West Ham United

01.15 Leicester City vs Aston Villa

Senin (19/10) malam s.d. Selasa (20/10) dini hari

23.30 West Bromwich Albion vs Burnley

02.00 Leeds United vs Wolverhampton

Klasemen Liga Primer Inggris

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler