Akhirnya, Pirlo Dapat Lisensi Pelatih dari UEFA

Motta menjadi lulusan terbaik dengan skor 108 dari 110.

Dok. IG Juventus
Andrea Pirlo bersama Cristiano Ronaldo di latihan Juventus.
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih Juventus, Andrea Pirlo baru saja mendapat lisensi pelatih dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Rabu (16/9) waktu setempat. Pirlo juga sudah menyelesaikan ujian akhir dan menerima sertifikat pelatih elite UEFA pada Senin (14/9) lalu. 


Seperti diberitakan Daily Mail, Rabu (16/9), lisensi yang sudah dipegang pria berusia 41 tahun itu membuatnya dapat melatih tim Serie A atau Serie B. Pirlo pertama kali menduduki kursi kepelatihan saat ditunjuk menangani Juventus U-23 yang berkompetisi di Serie C. Namun, belum satupun pertandingan yang pernah ia jalani sebagai juru taktik. 

Ia justru langsung dipercaya naik ke skuat utama untuk menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat manajemen klub. Selain Pirlo, ada Luca Toni dan Thiago Motta yang mendapatkan lisensi dari UEFA pekan ini. 

Mereka sudah menjalani kuliah kepelatihan sejak September 2019 lalu yang diramu dalam kelas selama 240 jam, termasuk program daring yang disusun karena pandemi virus corona. 

Mereka harus melakukan presentasi setelah menjalani program. Motta menjadi lulusan terbaik dengan skor 108 dari 110, sementara Pirlo meraih 107 dari 110. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler