Pemain Tertua Liga Prancis Awali Musim Dengan Kartu Merah

Hilton yang merayakan ulang tahun ke-43 pada minggu pekan lalu itu

EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Vitorino Hilton
Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, MONTPELLIER — Kapten Montpellier Vitorino Hilton menjadi pemain paling tua yang bertanding dalam laga Ligue 1 sejak 1956 ketika pesepakbola berusia 43 tahun ini diturunkan saat melawan Olympique Lyonnais Rabu dini hari namun sayang bek asal Brazil itu mendapatkan kartu merah pada menit-menit terakhir.

Hilton yang merayakan ulang tahun ke-43 Minggu pekan lalu itu menandatangani kontrak perpanjangan satu tahun Mei silam setelah 320 kali tampil membela klub ini sejak bergabung pada 2011.

Menurut statistik Opta, dia adalah pemain paling tua yang tampil dalam pertandingan liga elite sepak bola Prancis sejak mantan striker timnas Prancis Roger Courtois bermain untuk Troyes dalam usia 44 tahun pada 1956.

Hilton juga menjadi manusia pertama berusia 43 tahun ke atas yang bermain di lima liga top Eropa sejak penjaga gawang Italia Marco Ballotta bertanding untuk Lazio dalam usia 44 tahun pada 2008.

Hilton memperoleh kartu kuning pada menit ke-71 dan kemudian kartu merah 10 menit kemudian yang membuat timnya dihukum tendangan penalti pada saat Montpellier memimpin 2-0.

Pemain pengganti Lyon Memphis Depay sukses mengeksekusi tendangan penalti itu namun tim Hilton berhasil mempertahankan keunggulan untuk memenangi laga itu.

Hilton perlu waktu sepuluh tahun lagi jika dia ingin memecahkan rekor Kazuyoshi Miura sebagai pemain sepak bola profesional paling tua di dunia.

Miura yang berposisi menyerang dan berusia 53 tahun, bergabung dengan Yokohama FC pada 2005, dan sudah menandatangani kontrak perpanjangan pada awal musim kompetisi J-League yang berakhir Januari 2021, demikian laporan Reuters.


sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler