Saat Mike Tyson Ingin Patahkan Hidung Gorila Punggung Perak

Tyson menawarkan 10 ribu dolar AS pada penjaga kebun binatang untuk pukul gorila.

Infografis Republika
Mike Tyson.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson, mengaku, pernah menawarkan uang sebesar 10 ribu dolar AS kepada penjaga kebun binatang New York untuk membiarkannya bertarung dengan seekor gorila punggung perak. Peristiwa ini terjadi pada akhir dekade 1980-an, tepatnya saat Tyson mengajak istrinya, Robin Givens, berjalan-jalan di kebun binatang New York, Amerika Serikat.

Pada saat itu, Tyson menyewa seluruh kebun binatang New York dan mengajak isrinya berkeliling di salah satu atraksi wisata utama di kota berjuluk Big Apple tersebut. Namun, saat melintasi kandang gorila punggung perak, Tyson merasa terganggu dengan perilaku seekor gorila punggung perak jantan, yang melakukan perundungan kepada anggota kelompoknya.

''Saat kami melewati kandang gorila, ada gorila besar yang terus melakukan bullying ke gorila lainnya. Mereka sangat kuat, tapi pancaran mata mereka sepolos balita. Saya menawarkan penjaga kebun binatang uang sebesar 10 ribu dolar AS agar dia mau membuka pintu kandang dan membiarkan saya mematahkan hidung gorila itu. Sayangnya, dia menolak tawaran uang itu,'' kata Tyson seperti dilansir TalkSports, Rabu (16/9).

Kala itu, Tyson memang tengah berada dalam era kejayannya dan berstatus sebagai juara dunia tinju kelas berat versi WBC. Status sebagai juara dunia tinju kelas berat dan popularitas yang menanjak begitu pesat membuat Tyson kerap melakukan berbagai hal kontroversial di sepanjang kariernya.

Salah satu kontroversi lain yang dilakukan Tyson adalah saat petinju berjuluk The Iron Mike itu adalah kala memelihara harimau putih di kediamannya di New York pada dekade 1990-an. Tyson pun mengungkapkan cerita unik di balik keputusannya memelihara tiga ekor harimau putih. Saat mendekam di penjara, Tyson mendapatkan saran untuk memelihara harimau putih.

''Teman saya ini mengatakan,'akan sangat keren apabila saya memelihara binatang eksotik di rumah saya'. Saya pun setuju dengan saran itu. Kemudian saya memintanya untuk mencarikan sepasang harimau karena saya akan keluar dari penjara dalam beberapa bulan mendatang. Akhirnya, saat saya keluar dari penjara, saya mendapatkan dua ekor anak harimau putih,'' ujar Tyson.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler