Dari Anatolia ke Aceh: Ottoman, Turki, dan Asia Tenggara

Apakah ada hubungan Islam dengan tanah Melayu, Aceh, Batavia, hingga Moro?

wikipedia
Suasana masyarakat dalam dinasti Ottoman.
Red: Muhammad Subarkah

REPUBLIKA.CO.ID, -- Subuh ini melalui grup WA grup satu pena ada kiriman artikel yang ditulis oleh pengamat sejarah Islam Indonesia asal Belanda, Martin van Bruinessen yang juga dosen Universitas Utrecht. Tulisan ini berasal dari kiriman pengajar di Universitas Leiden, Belanda, yang berasal dari 'ranah Minang', DR Surya Suryadi.

Nama dan sosok Martin van Bruinssen di kalangan akademisi Indonesia sudah tidak asing lagi. Berbagai bukunya tentang kajian agama Islam telah terbit. Bahkan banyak diantaranya menjadi buku fenomenal. Bahkan almarhum KH Abdurrahman Wahid memberikan kata pengantar bukunya yang mengkaji soal kitab kuning dan dunia pesantren.

Kali ini, Martin menulis tentang review sebuah buku yang berjudul: "From Anatolia to Aceh: Ottomans, Turks, and Southeast Asia" (Dari Anatolia ke Aceh: Ottoman, Turki, dan Asia Tenggara). Buku ini diedit oleh A. C. S. Peacock dan Annabel Teh Gallop (Oxford: Oxford University Press untuk The British Academy, 2015),  dengan 348 hal. Buku ini dijual dengan harga 70,00 Euro.

Tulisan itu selengkapnya begini:

--------------------

 Hubungan antara Muslim Asia Tenggara dan kekuatan Muslim kontemporer utama, Kekaisaran Ottoman, telah lama tidak diteliti. Dalam beasiswa bahasa Inggris, beberapa artikel oleh Anthony Reid tentang hubungan diplomatik dan militer abad ke-16 dan akhir abad ke-19 antara Aceh dan Ottoman, yang diterbitkan lebih dari 40 tahun yang lalu, cukup banyak menyimpulkan pengetahuan yang tersedia.

Di sana ada sedikit minat untuk mendorong penelitian di luar temuan Reid, karena orang bisa sangat meragukan apakah ada sesuatu yang berharga untuk ditemukan. Hubungan tersebut tampaknya tidak lebih dari sekedar pengakuan kesetiaan orang Aceh kepada Sultan Ottoman sebagai pemimpin kerajaan dan permintaan dukungan militer terhadap Portugis pada pertengahan enam belas dan melawan Belanda pada akhir abad kesembilan belas, dan setengah hati.

Isyarat dukungan Utsmaniyah berupa pengiriman sejumlah ahli senjata ke Aceh pada periode sebelumnya. Selain itu, rentang linguistik yang diperlukan untuk studi sumber primer yang lebih sistematis (Turki Utsmaniyah, Melayu, Portugis, Belanda) merupakan penghalang tambahan bagi kebanyakan sarjana muda.

Namun, dalam dekade terakhir, telah terjadi kebangkitan minat yang luar biasa pada subjek, di mana volume yang diedit ini adalah produk terbaru. Sampai batas tertentu, minat baru ini disebabkan oleh tsunami tahun 2004 yang meluluhlantahkan sebagian besar Aceh dan diikuti oleh upaya bantuan dan rehabilitasi internasional yang sangat besar, di mana organisasi-organisasi bantuan Turki sangat menonjol.

Baik orang Aceh maupun Turki menemukan kembali hubungan lama antara negara mereka. Bulan Sabit Merah Turki tidak hanya membangun kembali rumah-rumah bagi para korban tsunami, tetapi juga memulihkan kuburan seorang suci yang dihormati secara lokal, Teungku di Bitay, yang diyakini sebagai salah satu pembuat senjata Ottoman abad keenam belas yang dikirim ke Aceh, menambahkan untuk mengukur baik tentang ratusan batu nisan anonim dihiasi dengan bendera Turki untuk melambangkan sahabat Ottoman dan keturunan mereka.

Dalam studi akademis, landasan baru tercakup dalam sebuah artikel oleh sejarawan Ottoman Giancarlo Casale (dalam Turcica, 37, 2005), tentang misi kapten laut Ottoman dan diplomat Lutfi, yang mendampingi angkatan pertama artileri dan pembuat senjata ke Aceh dan kembali ke Istanbul pada tahun 1565 dengan permintaan untuk komitmen Ottoman yang lebih serius di kapal, pasukan dan senjata.

Ini adalah publikasi penting pertama berdasarkan studi tangan pertama dari dokumen Ottoman yang relevan. Casale menempatkan misi ini dalam konteks periode singkat ekspansi Ottoman ke Samudera Hindia di bawah wazir Sokollu Mehmed Pasha pada tahun 1560-an, yang dibahas lebih luas dalam bukunya tahun 2010 berikutnya, The Ottoman Age of Exploration (OUP).

Salih Ozbaran, yang pada tahun 1969 sebagai sejarawan Ottoman muda telah berkontribusi pada salah satu artikel awal Reid dengan menerjemahkan satu-satunya catatan Turki yang diterbitkan sebelumnya tentang armada Ottoman yang mengunjungi Aceh, menerbitkan sebuah studi panjang buku pada periode yang sama, Ottoman Expansion menuju Samudra Hindia di Abad ke-16 (Istanbul, 2009).

Difasilitasi oleh aksesibilitas yang lebih baik dari arsip utama Ottoman, beberapa sarjana Turki lainnya mengerjakan apa yang dapat ditemukan di sana di Aceh dan Asia Tenggara secara lebih umum. Dua di antaranya berkontribusi pada koleksi studi ini.

Volume buku ini yang ditinjau adalah produk dari proyek penelitian Akademi Inggris yang ambisius yang dikoordinasikan oleh para editor, di mana para sejarawan, sarjana sastra, dan ahli filologi tidak hanya menambang Ottoman dan Belanda tetapi juga arsip Portugis, Spanyol dan Amerika, tradisi dan sastra lisan Melayu, serta manuskrip Asia Tenggara, untuk wawasan baru tentang hubungan Ottoman - Asia Tenggara.

Keterangan foto: Meriam Dari Turki-Ottoman di teluk Bandar aceh Darussalam.

Pendahuluan editor memberikan ringkasan yang berguna tentang keadaan seni tersebut, dan dalam artikel pengantar lainnya Anthony Reid, yang selama lebih dari empat dekade tetap menjadi sejarawan terkemuka Aceh, meninjau kembali karya awalnya tentang kontak dan sketsa Aceh-Ottoman kemajuan penelitian hingga saat ini.

Materi baru yang penting tentang Utsmaniyah - Hubungan Aceh pada pertengahan abad ke-16 dari sumber-sumber Portugis disajikan oleh Jorge Santos Alves (yang sebelumnya telah banyak menerbitkan dalam bahasa Portugis di Semenanjung Malaya dan Sumatera Utara pada periode ini).

 

Saya merasa sangat menarik untuk membaca tentang peran penting orang-orang Yahudi Portugis dan Kristen Baru (yaitu, mualaf baru-baru ini dan sebagian besar tidak secara sukarela dari Islam Iberia atau Yudaisme Sephardic) sebagai pedagang di Timur dan perantara antara Istanbul dan Aceh.

Ini mengingatkan pada saran Casale bahwa mungkin ada hubungan antara pemberontakan Moriscos yang kejam di Iberia pada akhir 1560-an dan aksi Muslim bersama melawan Portugis di Samudera Hindia pada periode yang sama, di mana keduanya didekati Ottoman untuk mendapatkan dukungan. , yang ditolak oleh Sultan dengan huruf yang hampir sama.

Andrew Peacock mensurvei hubungan ekonomi antara Ottoman dan Asia Tenggara pada abad ketujuh belas, menggunakan karya geografi Ottoman dan catatan perjalanan Barat di samping berbagai sumber sekunder. Negara Ottoman tidak terlibat dengan Asia Tenggara dalam periode ini, tetapi ada hubungan perdagangan yang luas.

  • Keterangan foto: Perahu Ottoman di Samudera Hindia

Gambaran umum Peacock niscaya terfragmentasi karena sifat data yang relevan tersebar tetapi memberikan kesan yang baik tentang barang yang diperdagangkan (lada dan rempah-rempah lainnya, tetapi juga sejumlah barang lain), pelabuhan tempat perdagangan berlangsung dan pedagang ( terutama berbasis di India) yang merupakan pelaku utama di pasar ini, dan (mungkin) subjek Utsmaniyah yang ditemui para pelancong di berbagai bagian wilayah, bahkan hingga Maluku.

Sebagian besar Utsmaniyah ini - Muslim dan juga non-Muslim, terutama Armenia - adalah pedagang tetapi beberapa individu memegang posisi administratif di pemerintahan Asia Tenggara.

Pedagang dan cendekiawan Hadhrami merupakan jaringan yang paling mencolok yang menghubungkan ujung Timur dan Barat Samudra Hindia (serta pantai di antaranya), tetapi mereka selalu berada di pinggiran negara Ottoman.

Salih Ozbaran, yang pada tahun 1969 sebagai sejarawan Ottoman muda telah berkontribusi pada salah satu artikel awal Reid dengan menerjemahkan satu-satunya catatan Turki yang diterbitkan sebelumnya tentang armada Ottoman yang mengunjungi Aceh, menerbitkan sebuah studi panjang buku pada periode yang sama, Ottoman Expansion menuju Samudra Hindia di Abad ke-16 (Istanbul, 2009).

Difasilitasi oleh aksesibilitas yang lebih baik dari arsip utama Ottoman, beberapa sarjana Turki lainnya mengerjakan apa yang dapat ditemukan di sana di Aceh dan Asia Tenggara secara lebih umum. Dua di antaranya berkontribusi pada kumpulan studi negara dan masyarakat ini.

Faktanya, upaya beberapa Hadhramis Indonesia untuk diakui sebagai rakyat Ottoman sekitar pergantian abad ke-20 merupakan salah satu subjek kontribusi Jeyamalar Kathirithamby-Wells pada pengaruh Hadhramis dan Ottoman. Sebagian besar didasarkan pada berbagai sumber sekunder, klaim orisinalitas artikel ini dalam analisis beberapa korespondensi diplomatik Utsmaniyah dari periode tersebut.

Sebagian besar kontribusi lainnya menyangkut kepentingan Ottoman yang diperbarui di Asia Tenggara pada abad kesembilan belas. Ismail Hakkı Kadı mempermasalahkan apa yang dia yakini sebagai kesalahpahaman abadi dalam ilmu pengetahuan Barat bahwa ada gerakan Pan-Islam yang secara aktif dibina oleh Sultan Abdu ̈ lhamid II (memerintah 1876– 1909).

Minat Utsmaniyah yang diperbarui di bagian lain dunia jauh sebelum masa sultan ini, menurutnya, dan inisiatif untuk kontak baru secara konsisten datang dari politik Muslim yang terkepung di Asia, bukan dari Istanbul.

Petisi paling awal untuk bantuan yang dia temukan dalam arsip Ottoman datang dari negara bagian Kedah, Melayu, yang pada tahun 1824 meminta dukungan untuk melawan penjajah Siam. Aceh, Riau, dan Jambi (di Sumatera bagian timur) mengirimkan petisi serupa untuk dukungan menanggapi ekspansi kolonial Belanda ke Sumatera pada pertengahan abad ke-19, bahkan penguasa Jambi meminta agar wilayahnya dimasukkan ke dalam Kesultanan Utsmaniyah.

Periode Hamidia ditangani oleh Ismail Hakkı Go ̈ ksoy, yang mempresentasikan pandangan Ottoman tentang perang Aceh dan pemerintahan Belanda atas Hindia pada umumnya berdasarkan dokumen arsip dan surat kabar pada periode tersebut. Sebagian besar peristiwa yang dibahas diketahui dari studi sebelumnya, tetapi ini adalah pertama kalinya dinarasikan dari perspektif Ottoman.

Konsul Galip Bey dengan bangga melaporkan kembali ke Istanbul bagaimana dia melakukan sholat Jumat di masjid-masjid di Batavia dan Aceh di mana dia telah mengamankan penyebutan Sultan dalam khutbah, sebagai ekspresi dari pengakuan yang tampaknya meluas terhadap Kekhalifahan Ottoman sebagai penguasa suzerain .

Jauh lebih sedikit yang diketahui tentang keterlibatan Ottoman dengan komunitas Muslim di Filipina Selatan. Isaac Donoso dan William Clarence- Smith berusaha untuk merekonstruksi ini dari bahan arsip Spanyol sebelum abad kedua puluh dan awal abad kedua puluh Amerika.

Dalam kasus periode sebelumnya, tidak ada keterlibatan aktual dan hanya sesekali disebutkan penguasa lokal yang menginginkan dukungan Ottoman. Catatan Donoso sebagian besar adalah sketsa sejarah kesultanan Moro sebagaimana tercermin dalam sumber-sumber Spanyol.

Aspek paling mengejutkan dari narasi kaya sumber Clarence-Smith (setidaknya bagi pembaca ini) adalah peran seorang gubernur distrik Amerika di Mindanao sebagai perantara antara Moro dan Kekhalifahan Ottoman, minatnya pada reformasi Islam dan dia mengamankan penunjukan oleh Sultan dari Syekh MuAammad Waj yang terpelajar, hal-Nabuls; sebagai 'guru populasi Muslim Filipina' (hlm. 203).

Amrita Malhi membahas 'kehadiran' Utsmaniyah yang bahkan lebih fana di Malaya dalam penampilan misterius dari bendera Turki Utsmani atau Republik Turki ('Bendera Stambul') dalam pemberontakan petani Terengganu tahun 1928.

Chiara Formichi menggambarkan persepsi nasionalis Indonesia tentang revolusi Turki dan dampak reformasi Kemalis pada perdebatan tentang Islamisme versus sekularisme selama dekade terakhir pemerintahan Belanda. Sarjana sastra Melayu Vladimir Braginsky meneliti keberadaan orang Turki, Kekaisaran Ottoman (sebagai Rum atau Istanbul) dan Sultan Ottoman (raja) dalam imajinasi Melayu pada periode sebelumnya, abad keempat belas hingga ketujuh belas.

  • Keterangan foto: Manuskrip Alquran tua Ottoman di Asia Tenggara.

Jaringan ulama transnasional yang menghubungkan dunia Ottoman dan Asia Tenggara dibahas oleh Oman Fathurahman, pakar manuskrip Islam terkemuka di Indonesia. Dia menjelaskan, di antara banyak hal, dua manuskrip khutbah abad kesembilan belas dari Aceh yang menunjukkan bahwa nama Sultan Utsmaniyah Abdu ̈ lhamid II dibacakan dalam khotbah, dan menambahkan beberapa informasi tambahan tentang pengarang Aceh abad ketujuh belas– kedelapan belas yang mungkin adalah seorang pria kelahiran lokal keturunan Turki yang menulis dalam bahasa Melayu. Ali Akbar, akhirnya, menyelidiki pengaruh penampilan fisik Utsmaniyah Quran terhadap Al-Qur'an Asia Tenggara: berupa kaligrafi dan barang cetakan lainnya .

Volume bukusecara keseluruhan tidak menawarkan wawasan baru yang dramatis, tetapi mewakili pertumbuhan tambahan pengetahuan yang signifikan di berbagai bidang terkait. Ini menyajikan pemandangan kaleidoskopik dari hubungan Ottoman - Asia Tenggara dan berbagai macam tempat dan keadaan serta kekuatan yang berkontribusi lainnya. Setiap bab menawarkan setidaknya beberapa materi baru, meskipun beberapa kontributor telah menerbitkan temuan utama di tempat lain sebelumnya. Tak seorang pun yang tertarik dengan dimensi transnasional Islam Asia Tenggara atau kebijakan luar negeri Utsmaniyah mampu mengabaikan buku ini.

 
Berita Terpopuler