Kapasitas RS Rujukan Covid-19 di Karawang Masih Memadai

Empat RS rujukan di Karawang masih memadai menampung pasien Covid-19

Antara
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang.
Rep: Zuli Istiqomah Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nanik Djojana menyebutkan ada empat rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) di Karawang. Rumah sakit tersebut yakni RSUD Karawang, RS Hermina, RS Paru Jatisari dan RS Lira Medika.

Nanik mengakui perkembangan kasus Covid-19 di Karawang masih fluktuatif. Warga yang terpapar positif virus corona ini juga masih ada kenaikan seiring diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Meski demikian, menurutnya fasilitas RS rujukan yang disiapkan masih memadai.

“Ada empat RS rujukan dan masih cukup sampai saat ini,” kata Nanik kepada Republika, Kamis (13/8).

Nanik mengatakan dengan empat RS rujukan tersebut disiapkan kapasitas sekitar 180 pasien Covid-19. Jumlah itu dinilainya cukup memadai dengan melihat perkembangan kasus di Karawang saat ini. Untuk saat ini, tercatat ada 40 pasien positif Covid-19 yang dirawat di empat RS rujukan tersebut.

“(Ke depannya) Saya rasa masih cukup memadai kok,” ujarnya.

Meski demikian ia berharap masyarakat tetap tidak menyepelekan Pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini. Masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah masuk dalam AKB. Saat berkegiatan di rumah, diminta menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta menerapkan jaga jarak dan meminimlisir kontak fisik.

Sebelumnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memgingatkan pemerintah untuk mencegah RS rujukan Covid-19 kelebihan kapasitas. IDI menyarankan harus ada upaya pencegahan pemerintah dari sekarang seperti, membangun RS rujukan Covid-19 dengan memenuhi tenaga kesehatan dan alat-alatnya atau menambah RS yang ada dijadikan RS rujukan Covid-19.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler