Tiga Gol Dianulir VAR, Bournemouth Vs Tottenham tanpa Gol

Tottenham tetap bertengger di posisi kesembilan klasemen Liga Inggris.

EPA/Neil Hall
Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane bereaksi di gawang Bournemouth pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, di Stadion Vitaly, Jumat (10/7) dini hari WIB. Laga berakhir imbang tanpa gol.
Rep: Anggoro Pramudya Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, BOURNEMOUTH -- Misi Tottenham Hotspur untuk mencuri tiga angka kandas setelah hanya bermain imbang tanpa gol atas tuan rumah AFC Bournemouth pada pekan ke-34 Liga Primer Inggris 2019/2020 di Vitalty Stadium, Jumat (10/7). Ada tiga gol dalam laga ini yang dianulir oleh VAR.

Hasil ini tak banyak mengubah nasib pasukan Jose Mourinho di papan klasemen. The Lillywhites, julukan Tottenham, tetap bertengger di peringkat sembilan dengan perolehan angka 49 hanya tertinggal satu angka atas Araenal di posisi ke delapan.

Meski begitu, kans Harry Kane dan kolega untuk mengamankan tiket zona Eropa, Liga Europa, masih terbuka dengan rentan perolehan angka dari Wolverhampton Wanderes di posisi keenam hanya berselisih tiga angka. Sedangkan, Bournemouth naik ke posisi 18 dengan perolehan nilai 28 dari 34 laga yang telah dilakoni pada kompetisi Liga Primer kali ini.

Usai peluit pertama berbunyi tim tamu langsung mengambil inisiatif serangan. The Lillywhites bisa saja unggul lebih cepat  andai pelanggaran yang diterima Erik Lamela dan Harry Kane tak ditangguhkan oleh VAR.

Hampir memasuki separuh babak pertama, tepatnya pada menit ke-21 Diego Rico mengeksekusi tendangan bebas. Bola langsunh ditanduk Jefferson Lerma. Namun, upaya itu masih mudah dipatahkan pemain belakang Tottenham.

London Putih terus mendominasi permainan. Sayang, upaya mereka kerap gagal ketika mengurai rapatnya barisan tembok pertanan. Hasilnya babak pertama skor imbang tanpa gol.

Memasuki interval kedua, finalis Liga Champions musim lalu mencoba menambah serangan dengan memasukan Heung Min-son. Pertandingan sempat terhenti padaa menit ke-55, akibat insiden tabrakan Ben Davies, dan adam Smith dadi Bournemouth. Smith pun terkapar dilapangan dan terpaksa ditandu.

Spurs sepertinya ingin sekali mencuri angka di Vitaly Stadium. Kali ini giliran Lucas Moura masuk demi menambah daya gedor lini depan. Alih-alih menciptakan gol, Spurs justru kebobolan oleh gol tuan rumah.

Bournemouth  sempat mencetak gol pada menit ke-85 lewat tandukkan Joshua King menerima umpan Callum Wilson. Akan tetapi gol itu dianluri karena King sudah lebih dahulu terperangkap offside.

VAR bekerja cukup sibuk kali ini. Sebab, pada menit ke-90 Bournemouth kembali merobek jala gawang Hugo Lloris lewat tendangan salto Callum Wilson. Sayang, VAR kembali menganulir gol the Cherries. Dalam rekaman VAR, bola sudah mengenai tangan Joshua King lebih dahulu sebelum disamber oleh sepakan akrobatik Wilson.

Wasit memberikan 12 menit waktu tambahan. Tetapi tak ada perubahan dalam papan skor laga pun berkesudahan imbang tanpa gol.



Baca Juga


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler