Ferrari Berharap Sirkuit Mugello Jadi Tuan Rumah GP ke-1000

Sirkuit Mugello menjadi salah satu kandidat unutk menggelar F1 tahun ini.

Instagram @scuderiferrari
Sirkuit Mugello menjadi salah satu kandidat unutk menggelar F1 tahun ini (Foto: Kepala tim Ferrari, Mattia Binotto)
Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ferrari berharap Sirkuit Mugello bisa menjadi tuan rumah Grand Prix ke-1000. Sirkuit Mugello milik Ferrari dan Sirkuit Portimao di Portugal memang menjadi beberapa kandidat untuk menggelar balapan F1 tahun ini.

"Saya bisa mengonfirmasi jika kami sedang membahasnya dengan F1," kata Kepala Tim Ferrari, Mattia Binotto, di sela-sela sesi latihan bebas Grand Prix Austria, Jumat (3/7), dalam konferensi video di Austria, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga



"Harapan kami adalah benar-benar membawa F1 ke Mugello, kami yakin Mugello adalah sirkuit yang hebat bukan hanya dari sisi keberlanjutan tapi juga untuk para pebalap," tambahnya.

Mobil Ferrari tahun ini pun diberi nama SF1000 untuk menandai capaian tersebut. Tujuan mereka kini adalah untuk menggelar balapan segera setelah Grand Prix Italia di Monza pada September, seri terakhir dari delapan yang telah diumumkan yang akan menjadi balapan ke-999 Ferrari.

Sejumlah balapan awal dilaksanakan dengan prosedur kesehatan ketat dan tanpa penonton untuk mencegah penyebaran virus corona. Tapi Binotto mengungkapkemungkinan sejumlah fan bisa hadir di sirkuit nantinya.

Mugello rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang balap continental GT namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya. Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai venue tes tengah musim pada 2012 di mana sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu, Sebastian Vettel salah satunya.

Ferrari merupakan tim tertua di F1 dan tak pernah absen dari kompetisi sejak musim pertama kejuaraan pada 1950, kendati beberapa kali tidak turun di Grand Prix karena berbagai alasan mulai dari soal uang, mogok kerja, pebalap gagal start hingga peristiwa tragis. Sementara F1 menandai balapan ke-1000 kejuaraan itu di China, April tahun lalu.

Formula 1 sejauh ini baru merilis delapan seri awal di kalender revisi mereka dengan seri pembuka di Red Bull Ring, Austria. F1 diharapkan akan merilis versi lengkapnya dalam beberapa hari atau pekan mendatang.

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler