Shearer: Peran Matic tak Kalah Penting dari Fernandes di MU

Matic membuat Fernandes dan Pogba nyaman untuk menyerang.

EPA-EFE/PETER POWELL
Gelandang Manchester United Nemanja Matic.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan striker timnas Inggris Alan Shearer menyebut bintang Manchester United Nemanja Matic layak mendapatkan penghargaan seperti yang didapat Bruno Fernandes. Dua gelandag Manchester United (MU) itu adalah bagian dari kemenangan 3-0 Setan Merah atas Brighton, yang membawa mereka memperpendek selisih poin dari Chelsea.

Baca Juga


Fernandes menjadi bintang lapangan atas torehan dua golnya. Tapi Shearer, yang mengangkat gelar Liga Primer Inggris bersama Blackburn pada 1995, meyakini penghargaan serupa juga harus diberikan kepada Matic untuk perannya dalam kemenangan itu.

"Pujian diberikan kepada Bruno Fernandes karena dia adalah pengubah permainan tetapi saya pikir seseorang yang juga layak disebut adalah Nemanja Matic," kata Shearer dalam program Man of the Match, dikutip dari Daily Star, Jumat (3/7).

Menurutnya, upaya yang dilakukan Matic di posisinya telah memungkinkan pasangan Fernandes dan Pogba untuk lebih maju. "Cara dia menyapu di depan pertahanan memungkinkan duo (Fernandes dan Paul Pogba) untuk melakukan hal-hal lebih jauh ke depan," ujarnya.

Matic memamerkan keterampilan ini dengan umpan panjangnya yang mengatur serangan balik cepat yang diselesaikan oleh Fernandes.

"Dia orang yang memberi mereka perlindungan yang memungkinkan mereka untuk maju dari permainan dan melakukan sihir dan itulah yang mereka lakukan terhadap Brighton," kata Shearer

Shearer melihat Matic terus-menerus memenangkan perebutan bola. Menurutnya Matic lebih banyak melakukan pertahanan dengan menghalau ancaman yang datang. 

"Dia benar-benar melakukan pertahanan dan dialah yang selalu ada untuk membersihkannya. Tidak ada keraguan bahwa penampilannya meningkat," tuturnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler