Misteri Gadis Desa Pujaan Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov melangsungkan pernikahan pada Juni 2013.

AP/Las Vegas Sun/Steve Marcus
Khabib Nurmagomedov
Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas Khabib Nurmagomedov di kancah dunia seni beladiri mixed martial arts (MMA) tidak terbantahkan lagi. Dengan rekor 28 kemenangan tanpa satu kekalahan pun, pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC itu selalu menjadi perbincangan penikmat MMA.

Popularitasnya semakin melejit setelah Khabib gemilang memiting petarung MMA asal Irlandia, Conor McGregor, di duel UFC 229 pada akhir 2018 lalu. Perseteruan keduanya pasca pertandingan UFC 229 pun selalu menghangatkan isu di sejumlah media internasional.

Sang ayah Abdulmanap Nurmagomedov, yang saat ini sedang terbaring di rumah sakit akibat serangan jantung, juga popular sebagai pelatih sambo ternama Rusia. Tapi demikian, tidak ada yang tahu tentang kehidupan keluarga Khabib Nurmagomedov. Siapa istrinya? Berapa anaknya? Siapa saja nama anaknya? Dan, dimana mereka tinggal?

Sorotan Media


Isu tentang siapa sosok istri pujaan hati Khabib kembali menyeruak ketika The Eagle ditantang Dustin Poirier dalam  duel UFC 242 pada 7 September 2019. ‘’Setelah kemenangannya atas Conor McGregor yang jadi perbincangan dunia, Khabib menjadi orang terkenal. Tapi siapa istrinya, apa yang kita ketahui tentangnya?’’ tulis laporan Thesun.co.uk jelang pertarungan UFC 242.

Situs Dailystar.co.uk pun demikian. Dalam lead beritanya tentang pertarungan Khabib lawan Poirier, Dailystar menyoroti sosok sang istri yang tidak hadir dalam pertarungan tersebut. Padahal, pertarungan tersebut sangat berarti karena Khabib akhirnya bisa kembali ke octagon setelah setahun absen sejak pertarungannya lawan McGregor.

‘’Khabib Nurmagomedov kembali ke octagon malam ini,’’ tulis Dailystar. ‘’Tapi, mengapa istrinya tidak hadir. Dan, apa yang kita ketahui tentangnya?’’

Sementara media Rusia, Russia Beyond, menyebut kemenangan atas Poirier membuat Khabib semakin populer di media sosial Instagram di Rusia. Pengikutnya saat itu mencapai 16 juta orang –sekarang jumlahnya 20,3 juta per 6 Mei 2020.

‘’Namun, semua popularitas tersebut tidak mengekspos kehidupan pribadinya,’’ sebut laporan rbth.com. ‘’Publik hampir tidak tahu apa-apa tentang kehidupan sang juara.’’

Tak Ada Foto
Keberadaan sosok istri Khabib benar-benar menjadi misteri. Hanya kerabat dan teman-teman sang istri yang tahu seperti apa wajah ibu dari anak-anaknya Khabib tersebut. 

Saat menggelar pernikahan pada Juni 2013 silam, sang istri sama sekali tidak memperlihatkan raut wajahnya. Sang pengantin wanita mengenakan burqa (penutup wajah) warna putih dalam pernikahan yang disebut-sebut dihadiri 3000an undangan tersebut.

‘’Istri Khabib sama sekali tak menunjukkan wajahnya. Selain itu, tidak ada satu pun foto dirinya di internet,’’ sebut laporan rbth.com.

Selama tujuh tahun sejak pernikahan tersebut, kehidupan keluarga Khabib tidak pernah terekspose di dunia media sosial. Nama atau identitas istri, apalagi foto wajahnya, sama sekali tidak muncul di dunia maya.

‘’Wajah istrinya tidak muncul di mana pun, sama sekali tidak tersebar di media sosial,’’ sebut laporan essentiallysports.com. ‘’Instagramnya Khabib sama sekali nol foto istri dan anak-anaknya,’’ tulis The Sun.

Gadis Desa Pujaan
Hanya sedikit informasi yang bisa didapat terkait sosok istri Khabib Nurmagomedov. Salah satunya info yang diberikan Abdulmanap dalam suatu wawancara dengan harian olahraga Rusia Sport-Express.

Abdulmanap saat itu mengatakan bahwa istrinya Khabib yang bernama Patimat masih kerabat jauh mereka. Bahkan, Patimat sudah memiliki nama belakang Nurmagomedov sebelum menikah dengan Khabib.

Patimat merupakan gadis desa pujaan Khabib yang merupakan teman semasa kecil Khabib. ‘’Desa dimana Khabib dan Patimat tumbuh besar itu sangat terpencil dan indah,’’ kata Abdulmanap. ‘’Semua orang yang tinggal di desa tersebut memiliki hubungan saudara satu sama lain.’’

Sildi, nama desa tersebut. Sebuah desa penggunungan di Dagestan, Rusia, dengan jumlah penduduk sekitar 200an jiwa.

Khabib dan gadis desa pujaannya itu lahir dan tumbuh bersama di Sildi. Lewat akun Instagram-nya, Khabib pernah menunjukkan seperti apa desa kelahirannya tersebut.  

Dalam postingan foto pada 14 Juni 2016 tersebut, The Eagle menyebut Sildi di Distrik Tsumadin sebagai desa tempat kelahirannya. ‘’Ini desa saya, tempat saya dilahirkan. Sildi, Cumada. Ini desa saya dimana saya berasal. Sildi, Distrik Tsumadin. #Sildi,’’ tulis Khabib.

Khabib sudah meninggalkan desa tersebut sejak lama. Dia bersama keluarga kini menetap Makhachkala.

Makhachkala, ibu kota Republik Dagestan, kini tengah mengalami masa sulit sejak berakhirnya perang Chechnya II pada 2009. Wilayah ini lebih dikenal dengan klub sepak bolanya yakni Anzhi Makhachkala. Itu pun karena sang pemilik klub, Suleyman Kerimov, memboyong pemain bintang Willian dan Samuel Eto’o pada 2013.

sumber : berbagai sumber
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler