Waduh, Kawanan Monyet di India Curi dan Makan Sampel Corona

Para monyet mengambil sampel uji Covid-19 milik tiga pasien, kemudian kabur.

Monyet spesies Macaque di Bengaluru, India. (Ilustrasi)
Rep: Kamran Dikarma Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sekelompok monyet menyerang asisten laboratorium di New Delhi, India. Mereka kemudian kabur dengan membawa sampel uji Covid-19. 


Dilaporkan laman Sky News pada Jumat (29/5), kawanan monyet itu melancarkan aksinya di dekat Meerut Medical College. Menurut laporan media setempat, para monyet mengambil sampel uji Covid-19 milik tiga pasien, kemudian kabur. 

Salah satu monyet lantas memanjat pohon dan mengunyah salah satu alat pengumpul sampel. Dalam sebuah wawancara dengan Times of India, Kepala Biro Lucknow Amir Haque menggambarkan peristiwa itu sebagai sesuatu yang berbahaya. 

"Sementara hewan tidak dapat bertanggung jawab untuk membawa penyakit ini, jika mereka membawa tes sampel-sampel ini dan mereka pindah dari kampus medis ke daerah perumahan, maka pasti jika ada kit yang terkontaminasi di sana, maka mereka (monyet) dapat menyebarkan infeksi lebih lanjut," kata Haque. 

Menurutnya kejadian itu merupakan pelajaran. "Ini adalah alarm yang sangat serius bagi otoritas kesehatan serta pemerintah setempat yang terlibat," ujarnya. 

Haque mengungkapkan, sebelumnya kawanan monyet yang berada di sekitar Meerut Medical College telah kerap dilaporkan karena mengganggu masyarakat. Namun dicurinya sampel Covid-19 merupakan sesuatu yang baru kali ini terjadi. 

Saat ini India memiliki lebih dari 166 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai sedikitnya 4.706 jiwa. Negara itu telah melaporkan lebih dari 71 ribu pasien yang pulih. 

sumber : Sky News
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler