Mengenal Garrincha, Winger Legendaris Brasil

Garrincha patut dikenang sebagai pemain sayap terbaik Brasil.

Rep: Anggoro Pramudya Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Formasi dalam sepak bola modern telah mengubah peta permainan pemain sayap. Bahkan, kiwari ini sosok pemain sayap lebih cendrung bermain lebih ke depan dan menjadi seorang striker alias pencetak gol di lini depan tim, salah satunya Cristiano Ronaldo.


Dalam sepak bola, pemain sayap atau winger cukup vital dalam permainan tim. Para pemain sayap biasanya mengandalkan kecepatan dan naluri dalam menyisir pertahanan lawan.

Garrincha Terlahir dengan kaki kanan bengkok ke dalam serta kaki kiri yang lebih pendek enam sentimeter dan melengkung ke arah luar. Mungkin kekurangan fisiknya itu membuat banyak orang meragukan kualitasnya, tetapi faktanya kemampuan dribblenya merupakan yang nomor satu di Brasil atau mungkin di dunia.

Bahkan, pemain sayap itu turut andil penting dalam kemenangan timnas Brasil menjuarai Piala Dunia 1958 dan 1962. Nama Pele melambung melampaui masanya dan menembus ingatan beberapa generasi hingga saat ini. Namun, Garrincha yang berarti Si Burung Kecil juga patut dikenang sebagai pemain sayap terbaik yang pernah dimiliki Brasil.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terkait
Berita Terpopuler