Kehebatan Ronaldo dan Messi Dipadukan, Seperti Apa?

Messi mencatatkan persentase 83 persen dari 697 golnya berasal dari kaki kiri.

EPA/Alejandro Garcia.
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam satu dekade terakhir, perdebatan selalu terjadi jika membicarakan siapa yang lebih baik di antara Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi. Kedua megabintang tersebut pun memiliki pendukung garis keras masing-masing yang bertahan dengan argumentasi sepihak nan subjektif soal kelebihan pemain idolanya.

Baca Juga

Lantas, apa jadinya jika kehebatan Ronaldo dan Messi disatukan? Pastinya, akan tercipta pesepak bola super yang bakal menjadi mimpi buruk seluruh bek-bek tangguh dunia. Berikut keunggulan Ronaldo dan Messi seperti diulas oleh the Sun.

KAKI KANAN - Ronaldo

Salah satu yang tidak bisa diragukan adalah 64 persen gol Ronaldo di sepanjang kariernya berbuah dari kaki kanan. Tendangan dengan karakter kuat dan akurat membuat rekan setimnya di Juventus, Giorgio Chiellini mengakui itu. 

"Bagaimana bertahan menghadapi Ronaldo? Jangan berikan ruang dan perhatikan kaki kanannya!" kata dia memberikan saran. 

KAKI KIRI - Messi

Messi mencatatkan persentase 83 persen dari 697 golnya berasal dari kaki kiri. Bintang Barcelona itu memiliki kemampuan menciptakan ruang tanpa diketahui bek lawan. Akurasi dan kecepatan kaki kirinya mengubah arah juga dinilai menakjubkan. 

Zlatan Ibrahimovic pernah berujar, "Lionel Messi tidak butuh kaki kanan, ia hanya menggunakan kaki kiri dan ia tetap yang terbaik di dunia. Bayangkan jika dia juga memakai kaki kananya. Tentu kita akan punya masalah serius."

Penyerang Barcelona Lionel Messi menjebol gawang Sevilla dengan tendangan kaki kiri. - (AP Photo/Manu Fernandez)

KECEPATAN - Ronaldo

Meski sudah berusia 35 tahun, Ronaldo mungkin sedikit kehilangan akselerasinya, tapi ia dianggap masih top soal kecepatan maksimal. Rio Ferdinand pernah bercanda meminta rekan setimnya di Manchester United (MU), John O'Shea membawa tabung oksigen ketika menghadapi Cristiano saat masih berseragam Sporting Lisbon. 

"Kami melawan Sporting Lisbon tahun 2003, saat istirahat babak pertama saya melihat O'Shea pasti butuh tabung oksigen. Sebab, kata Ferdinand, O'Shea terlihat kelelahan dan duduk terengah-engah. "Kami mengatakan kepadanya untuk lebih dekat dengan Ronaldo dan dia bahkan tidak bisa menjawab kami," kata Ferdinand.

DRIBEL - Messi

Salah satu alasan 'sulap' yang dilakukan Messi adalah ketika pemain jebolan akademi La Masia itu sedang menggiring bola. Ia seakan dapat melekatkan si kulit bundar di kakinya, melewati beberapa pemain dan mencetak gol. 

Mantan pelatih MU, Sir Alex Ferguson mengaku mengidolakan gaya dribel Messi. "Ia pemain fantastis, seakan-akan membawa bola hanya menggunakan sendal," ucapnya. 

Pelatih timnas jerman, Joachim Low juga mengakui kemampuan dribel Messi. "Ia mampu melewati delapan atau sembilan pemain dan golnya menyangkut di memori kita semua," kata dia. 

 

 

OPERAN - Messi

Selain menyelesaikan umpan, Messi juga mahir dalam mengoper bola. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menilai kunci utama akurasi operan Messi karena filosofi menyerang yang ada di dalam kepalanya. 

"Messi membuat pembeda hampir setiap saat. Ia penting karena selalu ingin maju, tidak pernah mengoper ke belakang atau ke samping. Dia hanya punya satu ide, menuju ke depan," ujarnya. 

SUNDULAN - Ronaldo

Kemampuan sundulan Cristiano menjadi salah satu keunggulan dibandingkan Messi. Sepanjang kariernya, ia sudah mencetak 128 gol dari tandukan. 

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger mengeklaim, Ronaldo lebih baik dibandingkan Messi di udara, dan jauh lebih atletis. Vertical jump Ronaldo tercatat mencapai 2,5 meter saat menjebol gawang Sampdoria di Serie A.

Cristiano Ronaldo (tengah) melepaskan sundulan (ilustrasi). - (Reuters/Rafael Marchante )
 
KEKUATAN TENDANGAN - Ronaldo

Bintang timnas Portugal itu dianggap memiliki tendangan keras karena melatih kakinya secara intens. Eks rekannya di MU, Roy Caroll menyaksikan sendiri Cristiano berlatih.

"Saat melihatnya berlatih tendangan, bolanya meluncur lebih keras dari yang biasa dilihat," ujar dia. 

INTELEJENSI SEPAK BOLA - Messi

Jika Ronaldo punya kelebihan dalam menggunakan sisi bagian luar kepalanya, Messi menonjol karena kemampuan berpikir di atas lapangan. Sebab, ia mahir mencari celah dan membuka peluang di lini pertahanan lawan lewat imajinasinya. 

Pelatih kawakan, Fabio Capello mengaku Messi lebih tajam menggunakan imajinasinya dalam bermain sepakbola. "Ronaldo pemain luar biasa, tapi Messi seorang jenius," kata mantan pelatih Juventus tersebut. 

MOTIVASI - Ronaldo

Sejak disebut terlalu kurus sebagai pesepak bola, Ronaldo langsung bekerja keras melatih fisiknya hingga saat ini. Mantan pelatihnya di Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan Ronaldo tidak pernah puas terhadap suatu pencapaian. "Cristiano selalu berjuang untuk lebih baik," kata dia. 

Mantan pelatih Ronaldo di Sporting Lisbon, Aurelio Pereira menyampaikan bahwa yang paling menakjubkan dari Cristiano adalah determinasi. Eks striker timnas Portugal, Nuno Gomes mengatakan Ronaldo adalah seorang pria yang selalu ingin melakukan hal lebih baik dengan berlatih. 

KEPEMIMPINAN - Messi

Cristiano mungkin memiliki motivasi diri yang tinggi dengan melatih fisik di saat pemain seusianya sudah memasuki masa pensiun. Namun, Messi dianggap lebih baik dalam memimpin rekan-rekan setimnya. 

Pelatih Jerman, Joachim Low mengatakan Messi adalah tipikal pemain yang mengutamakan kerja sama tim. "Ia pemain tim yang hebat, mampu membuat 30 sampai 40 assist dan mencetak 50 gol setiap tahun," ujarnya. 

Legenda Argentina, Diego Maradona menyebut Messi sosok yang membawa sepak bola lebih indah untuk disaksikan. 

Mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola mengatakan, Messi tidak pernah melupakan teman-temannya untuk merebut kemenangan. 

"Messi adalah yang terbaik, ia tahu cara bermain, mencetak gol, dan membuat orang lain juga mencetak gol," ujarnya. 

Di sisi lain, Sir Alex Ferguson membela mantan anak asuhnya. Menurut dia, Messi mungkin dapat memimpin rekan-rekan setim, tapi Ronaldo dapat cepat beradaptasi di tim amatir sekalipun. 

"Messi adalah pemain Barcelona, tapi Ronaldo dapat bermain untuk Stockport County dan mencetak hat-trick. Ronaldo punya semuanya, bisa menendang dari kedua kakinya, menyundul bola, dan berani seperti seekor singa," kata dia.

Tak terbayangkan apa yang bisa dilakukan seorang pemain yang memiliki seluruh keunggulan Ronaldo dan Messi dalam dirinya. 

 

 
Berita Terpopuler