Daftar Minuman Viral: Dari Boba Sampai Dalgona

Dalgona Coffe Blender viral dan kini menjadi minuman primadona.

Republika
Kopi Dalgona, minuman yang viral di tahun 2020.
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kata Dalgona dalam sepekan terakhir menjadi kata kunci yang banyak dicari warganet. Kata itu mengarah kepada minuman kekinian yang sedang hits, Dalgona Coffe Blender.

Mesin pencarian Google mencatat pencarian dengan kata kunci Dalgona banyak diakses untuk mencari resep, cara membuat, sampai rasa Dalgona. Namun, sebelum Dalgona naik daun seperti sekarang, ada beberapa minuman serupa yang sempat jadi primadona anak-anak sampai orang tua. Namun semua minuman itu mundur teratur setelah masa jayanya berakhir.

Berikut deretan minuman yang pernah hits pada masa jaya yang Republika rangkum:

1. Thai Tea
Minuman ini sempat ngehits banget di kalangan anak milenial pada 2019. Thai Tea adalah varian teh yang dikenal masyarakat Thailand sejak 1980-an dan digemari di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Baca Juga

Thai Tea dalam tiga rasa - (Republika)

Minuman ini perpaduan dari sejumlah rempah-rempah seperti biji asam jawa yang dimemarkan, bunga lawang, air distilasi bunga jeruk, pewarna dan sejumlah rempah-rempah lainnya. Thai Tea berubah warna menjadi oranye setelah dicampur dengan susu dan terkadang ditambahkan gula atau jeruk.

2. Boba
Boba juga sempat masuk jajaran elite minuman hits anak muda. Sebenarnya Boba adalah es teh susu yang ditambakan "mutiara" yang terbuat dari tapioka. Minuman ini berasal dari Taiwan, namun mendunia hingga China, Korea, Filipina, Eropa, Kanada, Amerika Serikat, sampai Indonesia.

Minuman boba. - (Republika)

Bahkan, saking popularnya minuman ini, sempat ada tantangan minum 5 liter boba dan wajib dihabiskan dalam waktu beberapa jam saja.

3. Kopi Susu Kekinian
Nah kalau minuman yang satu ini masih bisa dibilang belum habis masa jayanya. Meski muncul varian Dalgona, kopi susu kekinian belum ditinggalkan penggemarnya.

Tren es kopi susu tidak akan redup tahun depan (Ilustrasi es kopi susu) - (Pixabay)

Ketenaran kopi susu kekinian itu makin melambung seiring banyaknya cafe atau warung-warung kopi di sejumlah kota-kota besar. Tak heran kopi susu yang biasanya dicampur dengan gula aren itu masih berada di klasemen teratas minuman favorit rakyat kelas menengah ke atas.

4. Es Kepal Milo
Pasti Anda pernah mendengar gaung minuman yang satu ini. Es Kepal Milo, minuman yang sempat merajai jajanan rakyat Indonesia.

Minuman ini menemui masa jaya sekitar April 2018. Minuman atau bisa disebut makanan ini mendadak viral dan menjadi favorit serta dijual dari kelas kaki lima hingga mall. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 30 ribu, tergantung tambahan toping.

Es Kepal Milo - (Republika)

Minuman ini sebenarnya tercipta dari Malaysia. Menggunakan es yang diserut dan dikepal atau dibuat bundar sebagai bahan utama dengan campuran merk susu Milo. Biasanya ditambah kental manis dan diberi kacang tanah, cokelat bubuk, atau taburan toping lainnya. Namun perlahan-lahan Es Kepal Milo mulai kehilangan pamornya, dan terlupakan sebagai minuman yang pernah hits di zamannya.

5. Dalgona Coffe Blender
Jung Il-woo, aktor Korea Selatan adalah orang di balik naik daunnya Dolgana Coffe Blender. Minuman paling nge-hits pada 2020 ini menjadi viral di sejumlah media sosial setelah Jung Il-woo yang mengunjungi Makau dan disajikan minuman, dan kemudian disajikan di sebuah acara TV Korea Selatan yang disebut Pyunstorang.

Kopi Dalgona - (Republika)

Kopi Dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mengaduk kopi sampai menjadi krim dan kemudian menambahkannya ke susu dingin. Biasanya dalgona ditambah dengan es batu dan gula tambahan karena rasa dalgona cenderung pahit.

 
Berita Terpopuler