All New Honda City Raih 5 Bintang dari ASEAN NCAP

Honda City adalah model pertama Honda yang diuji oleh ASEAN NCAP pada tahun 2012.

dok. Honda
Honda City generasi ke-5 meraih peringkat keselamatan tertinggi pada uji yang dilakukan oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) untuk Asia Tenggara.
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Baru-baru ini, Honda City generasi ke-5 meraih peringkat keselamatan tertinggi pada uji yang dilakukan oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) untuk Asia Tenggara. Dalam test tersebut, All New Honda City memperoleh 5 bintang dengan skor keseluruhan 86,54 dari 100 uji tabrak depan, samping dan evaluasi fitur keselamatan.

All New Honda City juga mendapatkan skor yang mengesankan, yakni 44,83 untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP), dan 22,85 untuk perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP), serta 18,89 untuk Safety Assist Technologies (SATs). Honda City adalah model pertama Honda yang diuji oleh ASEAN NCAP pada tahun 2012 dan telah mempertahankan kinerja keselamatan bintang 5 yang sangat baik sejak generasi ke-2.

Setelah Honda City generasi ke-5 diluncurkan secara global di Thailand pada November 2019, Honda City telah mencatatkan pemesan lebih dari 16 ribu unit per tanggal 15 Maret 2020. Model ini telah mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen dan mempertahankan posisi teratas di pasar Thailand selama dua tahun terakhir.

All New Honda City sendiri dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan termasuk G-CON (G-Force Control) struktur tubuh, enam airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), Emergency Stop Signal (ESS) dan kamera spion multi sudut.

Lewat produk ini, Honda sekaligus berkomitmen untuk terus menyediakan kendaraan yang aman dan andal serta berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari benturan dan keselamatan untuk semua orang.

Untuk kiprahnya di Indonesia, All New Honda City sampai saat ini belum dihadirkan di pasar tanah air. Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, HPM perlu melihat potensi pasar yang ada jika ingin menghadirkan produk tersebut.

“Kami belum memutuskan soal kehadiran All New Honda City. Kami masih melihat bagaimana respons pasar untuk segmen small sedan,” kata Yusak.

Di Thailand, mobil ini dibekali dengan mesin 1 liter turbo yang mampu menghembuskan tenaga sebesar 122 daya kuda dan torsi 173 Nm. Tenaga itu didistribusikan pada rora depan lewat transmisi CVT. City juga hadir dengan pilihan mesin 1,5 liter yang dipadukan dengan teknologi hybrid i-MMD. Teknologi tersebut sebelumnya telah disematkan pada Honda Jazz (Fit) yang baru dikenalkan di Tokyo Motor Show 2019.

Baca Juga


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terkait
Berita Terpopuler