Peristiwa Olahraga di 1 April

Ada beberapa peristiwa yang menjadi catatan sejarah di dunia olahraga.

UEFA via AP
Neymar merayakan kemenagan PSG di Stade de Prince, Paris, Perancis, Kamis (12/3),
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak dulu olahraga selalu menjadi sarana hiburan bagi semua kalangan masyarakat di seluruh dunia. Namun, selain menjadi tempat untuk melampiaskan penat dari rutinitas harian, ada beberapa peristiwa yang menjadi catatan sejarah di dunia olahraga.


Reuters merangkum beberapa peristiwa di dunia olahraga yang terjadi pada 1 April di berbagai cabang olahraga.

- 1 April 1998 (Sepak bola)

Sebuah gawang pengganti dibawa ke lapangan di Stadion Santiago Bernabeu beberapa menit menjelang leg pertama Liga Champions antara Real Madrid melawan Borussia Dortmund.

Hal itu dilakukan karena, fans garis keras Real Madrid yang bernama 'Ultra Surs' memanjat pagar pembatas tempat tiang gawang dipasang dan beban mereka membuat tiang jatuh hanya beberapa menit sebelum peluit ditiup oleh wasit. Akibatnya, laga tersebut ditunda selama 75 menit.

Real memenangkan agregat 2-0 di semifinal dan mengalahkan Juventus 1-0 di final untuk memenangkan Piala Eropa pertama mereka dalam 32 tahun.

- 1 April 2011 (Baseball)

Pendatang baru, John Mayberry Jr. dari tim Philadelphia Phillips sukses melepaskan pukulan walk-off dan membawa timnya menang atas Houston Astros dalam pertandingan pembuka musim Liga Nasional MLB mereka di Philadelphia, Pennsylvania.

- 1 April 2011 (Basket)

Pemain depan Miami Heat LeBron James berdiri di lapangan tengah saat kemenangan timnya 111-92 melawan Minnesota Timberwolves di Target Center di Minneapolis, Minnesota. James, bermain musim pertamanya dengan Miami setelah kepindahannya yang banyak dikritik dari Cleveland, dia membawa Heat ke Final NBA di mana mereka dikalahkan 4-2 oleh Dallas Mavericks.

Dia membawa Miami ke kejuaraan NBA berturut-turut dalam dua musim berikutnya sebelum pindah kembali ke Cleveland pada 2014 dan membantu Cavaliers memenangkan gelar NBA pertama mereka pada 2016.

- 1 April 2012 (Ice Hokey)

Para pemain Black Wings Linz berpose dengan trofi kejuaraan Liga Hoki Austria setelah memenangkan seri final playoff melawan KAC Klagenfurt 4-1 di Linz. Kemenangan Linz dinilai mengejutkan karena klub tidak memiliki kekuatan finansial seperti Salzburg atau Klagenfurt dan memainkan musim pertama mereka di bawah pelatih Rob Daum.

Klagenfurt memenangkan pertandingan pertama dalam seri best-of-seven, tetapi Linz membalas segera sebelum memperpanjang kemenangan beruntun mereka menjadi empat berturut-turut untuk mengakhiri gelar.

- 1 April 2012 (Sepak bola)

Eden Hazard merayakan gol setelah mencetak angka untuk Lille melalu penalti dalam pertandingan Ligue 1 Prancis melawan Toulouse di Stadion Lille Metropole di Villeneuve d'Ascq, dekat Lille. Pemain internasional Belgia kemudian membuat Dimitri Payet untuk mengamankan kemenangan 2-1 atas Toulouse.

Hazard menyelesaikan musim dengan 20 gol dan pindah ke Chelsea pada bulan Juni. Dalam tujuh tahun di Stamford Bridge, Ia memenangkan Liga Premier dan Liga Europa dua kali, dan Piala FA dan Piala Liga satu kali. Saat ini di musim pertamanya di Real Madrid, Hazard menderita patah pergelangan kaki pada bulan Februari.

- 1 April 2012 (Tennis)

Novak Djokovic dari Serbia merayakan kemenangannya setelah memenangkan gelar Miami Masters ketiganya dengan kemenangan dua set langsung atas petenis Inggris Andy Murray di Key Biscayne, Florida. Sang juara bertahan, tidak kehilangan satu set pun di turnamen dan membalas kekalahannya dari Murray di final 2009 dengan kemenangan 6-1 7-6 (4).

- 1 April 2014 (Sepak bola)

Pemain depan Brasil Neymar Jr melakukan selebrasi setelah mencetakgol dengan tendangan melengkung untuk membuat Barcelona bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions di Camp Nou.

Namun Atletico lah yang maju ke empat besar setelah gol awal Koke di leg kedua memberi mereka kemenangan agregat 2-1 atas rival Spanyol mereka. Barcelona menyelesaikan musim tanpa trofi tetapi bangkit kembali pada 2014/2015, meraih treble winner dengan memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terkait
Berita Terpopuler