Sejarah Hari Ini: Gorbachev Terpilih Jadi Presiden Uni Soviet

Mikhail Gorbachev
Rep: Lida Puspaningtyas Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini tahun 1990, Kongres Perwakilan Rakyat memilih Sekjen Mikhail Gorbachev sebagai presiden baru Uni Soviet. Namun pada Desember 1991, kepresidenan ini runtuh.

Pemilihan Gorbachev jauh berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya di Uni Soviet. Sejak memimpin pada 1985, ia bekerja keras untuk membuka proses politik perserikatan ini.

Ia membentuk Kongres Perwakilan Rakyat untuk menghapus monopoli partai Komunis. Pada hari ini rakyat memilih dalam pemungutan suara rahasia.

Setelah pemilihannya, kritik datang dari komunis garis keras dan reformer terhadap Gorbachev. Penganut reformasi seperti Boris Yeltsin menyebut Gorbachev bergerak terlalu lambat untuk menjalankan agenda.

Gorbachev sebenarnya dipilih sebagai presiden untuk lima tahun. Namun demonstrasi mulai menyebar di mana-mana. Kritik domestik membuat performa ekonomi sangat buruk dan kontrol terhadap Soviet menurun.

Pada 1991, ia mundur. Ia mengatakan kemunduranya demi menurunkan ketidakstabilan di wilayah. Selain itu untuk mengendurkan tekanan pada negara Soviet lain.

Selanjutnya: Kelahiran Albert Einstein

Pada hari ini tahun 1879, Albert Einstein lahir. Ayahnya adalah seorang insinyur Yahudi di Ulm, Jerman. Jiwa saintis dalam diri Einstein mengalir dari darah ayahnya.

Perjalanan hidup membuatnya jadi salah satu ilmuwan paling jenius hingga saat ini. Teori-teorinya tentang hukum relativitas meningkatkan pandangan manusia soal alam semesta. Pekerjaannya di bidang teori energi dan partikel membantu pemahaman soal mekanika kuantum, termasuk soal bom atom.

Einstein menghabiskan masa kecilnya di Jerman dan Italia. Ia mempelajari fisika dan matematika di Federal Polytechnic Academy di Zurich, Swiss. Ia kemudian jadi warga Swiss dan 1905 mendapat gelar PhD dari Universitas Zurich.

Ia juga bekerja di kantor paten Swiss di Bern. Tahun tersebut, ia meluncurkan lima laporan teori yang membawa efek pada perkembangan fisika modern.

Yang pertama soal transformasi cahaya yang membuatnya memenangkan Nobel Fisika pada 1921. Laporan kedua soal metode baru menghitung dan menentukan ukuran atom juga molekul.

Laporan ketiga soal penjelasan matematika untuk gerakan konstan partikel di cairan yang dikenal sebagai gerakan Brownian. Dua laporan ini menyajikan bukti keberadaaan atom yang sebelumnya disengketakan sejumlah ilmuwan.

Teori lain yang mengguncang adalah teorinya soal relativitas. Ia menyebut waktu dan ruang tidak absolut melainkan relatif tergantung gerakan pengamat. Dalam teorinya, kecepatan cahaya adalah frame referensi.

Laporan kelimanya adalah soal eksplorasi matematika dan relativitas spesial. Einstein menyajikan hubungan massa dan energi dengan E=mc2.

Selanjutnya: Birmingham Six Dibebaskan

Pada hari ini, Birmingham Six dibebaskan. Mereka adalah penduduk Irlandia yang dipenjara sejak 16 tahun lalu. Mereka dituduh melakukan teror bom di dua pub di Birmingham, Inggris pada 1974.

Hingga 1991, kesalahan mereka tetap diragukan. Aksi teror yang membuat mereka ditahan terjadi pada 21 November 1974. Dua bom Irish Republican Army (IRA) meledak di dua pub berbeda dan menewaskan 21 orang.

Saat itu Inggris dengan berseteru dengan IRA. Atas insiden ini, enam orang ditangkap. Empat orang menandatangani surat pengakuan. Namun IRA mengatakan enam orang itu bukan anggota organisasi mereka.

IRA telah mengklaim serangan. Selama proses peradilan, tersangka mengaku tidak bersalah. Mereka dipukuli agar mengakui kejahatan tersebut. Namun jaksa memberikan bukti forensik yang menyebut mereka memegang peledak sebelum ditangkap.

Mereka pun dinyatakan bersalah. Pada 1991, penduduk Inggris dan Irlandia menyerukan pembebasan mereka.

 

 
Berita Terpopuler