Nika Suwarsih Mempromosikan Indonesia Lewat Perwira

abc news
abc news
Rep: Sastra Wijaya Red:

Nika Suwarsih melanjutkan tradisi perempuan Indonesia lainnya dengan keterlibatan mempromosikan berbagai kegiatan mengenai Indonesia lewat Perwira, Perhimpunan Warga Indonesia di Victoria, dengan menjadi ketua untuk tahun 2017-2019.


Perwira adalah salah satu perkumpulan warga Indonesia yang besar di negara bagian Victoria (Australia) dan selama ini terkenal dengan penyelenggaraan acara Satay Festival dan Food & Trade Festival yang diselenggarakan setiap tahun di Box Hill Town Hall, sekitar 15 km dari pusat kota Melbourne.

Tahun ini Indonesian Satay Festival (ISF) akan diselenggarakan pada tanggal 13 Mei 2017 dan Indonesian Food and Trade Festival akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2017 di Box Hill Town Hall. 

Nika Suwarsih sudah terlibat dalam kegiatan Perwira sejak tahun 2007 dan di bulan Desember lalu, dalam rapat umum anggota Perwira terpilih sebagai Ketua yang baru untuk periode dua tahun 2017-2019.

"Saya terpilih lewat pemungutan suara dari semua anggota yang hadir. Saat itu, nominasi calon ketua Perwira ada dua orang, dan saya terpilih dengan suara terbanyak." kata Nika Suwarsih kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia, Sastra Wijaya.

Sebagai perkumpulan warga, Perwira didirikan di tahun 1981, dan sejauh ini ada dua perempuan lain yang pernah menjadi ketua, yaitu En En Clark dan Nunung Bonser, dan sekarang dilanjutkan oleh Nika Suwarsih.

Nika Suwarsih (tengah) bersama panitia lain penyelenggara Food and Trade Festival 2016

Foto: Istimewa

Ketika ditanya mengenai motivasinya ikut terlibat dalam kegiatan seperti Perwira, Nika Suwarsih mengatakan bahwa karena dia memang ingin mendedikasikan diri pada kegiatan sosial yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan juga masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, selain terlibat di Perwira, Nika Suwarsih juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial wanita dan anak-anak di Dandenong, salah satu kawasan di Melbourne.

"Saya juga sebagai koordinator Indonesian Women's Friendship Network di Victoria( IWFN) yang mempunyai kegiatan sosial, pemberdayaan perempuan dan pendidikan anak-anak serta promosi budaya Indonesia." katanya lagi.

Kegiatan IWFN juga dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jumat di Menzies Hall, 41 Menzies Avenue Dandenong.

"Kami akan mengadakan Indonesian Multicultural Festival of Victoria yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2017 di Menzies Hall Dandenong kegiatan ini adalah kegiatan promosi budaya Indonesia dan multikultur di Melbourne." katanya.

Selain itu IWFN juga menyelenggarakan Playgroup Multibudaya Victoria kegiatan Ibu dan anak-anak bermain bersama, bernyanyi, membaca, menari, menggambar dan kegiatan lainnya.

Nika Suwarsih juga bergabung dalam kegiatan belajar menulis buku dengan group menulis Multicultural Victoria, namanya "World Writing Group - Writers Victoria".

"Kami sudah juga menerbitkan buku bersama teman-teman penulis lainnya berjudul "Home Truths" dan hasil penjualan dari buku tersebut disumbangkan untuk amal. 

"Untuk menarik lebih banyak orang untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Perwira adalah dengan  mengundang teman-teman dan masyarakat Indonesia dan Australia di Melbourne untuk hadir bergabung dalam kegiatan PERWIRA, mengajak dan merekrut tenaga sukarelawan baru untuk bergabung menjadi panitia kegiatan Perwira. Mempromosikan kegiatan Perwira melalui sosial media, radio dan website." katanya.

Nika Suwarsih dengan kegiatan multibudaya di Melbourne

Foto: Istimewa

Apa sumbangan yang paling besar yang anda rasakan dari kelompok Perwira untuk kehidupan multikultur di Melbourne?

"Sumbangan yang paling besar dari PERWIRA untuk kehidupan multicultural di Melbourne adalah dengan terus berupaya memperkaya multiculturalism di melbourne. Salah satu contohnya adalah Perwira tahun lalu membantu survey budaya mengenai keterlibatan PERWIRA dalam melestarikan dan mempromosikan beragam budaya Indonesia di Victoria." kata Nika Suwarsih.

Menurut Nika Suwarsih, Perwira juga telah bekerja sama dengan sekolah kejuruan di Melbourne William Anglis Institute dalam menyelenggarakan kegiatan Indonesian Culture Day.

"Saya waktu itu sebagai pembawa acara dan koodinator proyek di acara tersebut." kata Nika Suwarsih. 

Lihat Artikel Asli
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
Berita Terpopuler