Sejarah Hari Ini: Adolf Hitler Bubarkan Parlemen Jerman

flickr
Adolf Hitler
Rep: dyah ratna meta novia Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 2 Februari 1933, dua hari menjadi kanselir Adolf Hitler langsung membubarkan parlemen di Jerman. Ia langsung mengonsolidasi kekuatannya.

Seperti dilansir On This Day, begitu jadi kanselir ia juga menunjuk dirinya sendiri menjadi Führer pada 1934. Ia kemudian mengubah Jerman menjadi negara dengan sistem totalitarian dan bergaya diktator satu Partai Nazi.

Dalam enam tahun pemerintahannya Jerman memang mengalami penyembuhan ekonomi dari depresi hebat. Namun di sisi lain ia juga terus mengkampanyekan Pan Jermanisme, antisemitisme, dan antikomunisme.

Kekejaman Hitler terlihat dengan gerakannya antisemit yang dilaksanakan dengan melakukan  holokaus atau pembunuhan massal terhadap umat Yahudi. Orang-orang Yahudi ditempatkan di kamp konsentrasi di mana para tahanan harus melakukan kerja paksa hingga mereka mati karena kelelahan atau penyakit.

Selanjutnya: Vasco da Gama Kunjungi Pulau Mozambik

Pada 2 Februari 1498 armada kapal Vasco da Gama mengunjungi Pulau Mozambik. Pulau Mozambik merupakan salah satu warisan dunia yang diakui UNESCO.

Saat ini Pulau Mozambik menjadi destinasi wisata yang sangat cepat pertumbuhannya karena menawarkan pesona dan keindahannya. Pulau tersebut memiliki populasi sekitar 14.000 orang.

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah asal Portugis. Pelayarannya secara umum banyak yang sukses. Ia menemukan dan membangun rute lautan dari Eropa ke India yang memungkinkan perdagangan dengan Timur Jauh, tanpa menggunakan rute kafilah Jalur Sutera yang menghabiskan banyak biaya dan tidak aman.

Seperti dilansir Wikipedia, Vasco da Gama selain seorang penjelajah sebenarnya juga utusan Raja Portugal. Pelayarannya yang pertama menghasilkan era dominasi Eropa selama ratusan tahun melalui kekuatan laut dan perdagangan. Kolonialisme Portugis menghasilkan kekayaan dan kekuasaan bagi Kerajaan Portugal.

Selanjutnya: Novel Ulysses Dipublikasikan di Paris

Pada 2 Februari 1922, novel karya James Joyce Ulysses dipublikasikan di Paris sebanyak 1.000 kopi. Melalui karyanya Ulysses, Joyce menyempurnakan gaya kesadarannya dan ia menjadi selebriti di bidang sastra.

Ulysses sering dipuji sebagai salah satu novel terbaik yang pernah ditulis di dunia sastra. Eksplorasi bahasanya dan kemampuannya membentuk sastra baru tak hanya menunjukkan ia sebagai seseorang yang jenius namun juga merupakan bentuk kecintaannya terhadap teknik kesadaran untuk memikirkan hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dilansir Biography, James Joyce lahir pada 2 February 1882 di  Dublin, Irlandia. Ia berasal dari keluarga besar dan anak pertama dari 10 bersaudara. Ayahnya merupakan penyanyi berbakat dan disebut memiliki suara tenor terbaik di Irlandia.

Namun sayangnya ayahnya suka minum-minuman keras dan tak perhatian kepada keuangan keluarga. Joyce dan adik-adiknya akhirnya tumbuh di tengah kekurangan uang.

Seumur hidupnya ia juga berjuang menghadapi penyakit matanya. Meski memiliki penyakit mata ini tak menyurutkan semangatnya untuk terus menulis novel.

 
Berita Terpopuler