Integrasi Kawasan Kunci Ekonomi ASEAN Terus Stabil

blogspot.com
Masyarakat Ekonomi ASEAN
Rep: Frederikus Bata Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyebut pelemahan ekonomi global tidak berpengaruh pada kondisi ekonomi negara-negara anggota ASEAN. Menurutnya perekonomian negara-negara ASEAN tetap stabil meski dunia sedang diterpa ketidakpastian.

"ASEAN tetap tangguh dan menunjukkan pertumbuhan yang tetap positif," katanya dalam forum pertemuan ke-11, ASEAN Finance Ministers Investors Seminar (AFMIS) 2016, di Jakarta, Selasa (15/11).

Ia menerangkan ketidakpastian ekonomi global ditenggarai beberapa hal, di antaranya. kebijakan normalisasi perekonomian Amerika, perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina. Namun hal tersebut tidak membuat ekonomi negara-negara ASEAN melemah.

"Integrasi kawasan faktor penting mempertahankan tren pertumbuhan positif tersebut," ujar Mardiasmo.

Wakil Sekjen ASEAN, Lim Hong Hin mengatakan forum AFMIS bisa menjadi media promosi investasi negara-negara ASEAN. Menurutnya sangat penting terjadi interaksi langsung antara para pemangku kepentingan dan investor. Sehingga memperkuat stabilitas ekonomi negara-negara tersebut.

"Di tengah perlambatan ekonomi global, stabilitas ASEAN tetap terjaga. Ini menujukkan ASEAN kutub penting dengan prospek ekonomi ke depan yang lebih baik," ujar Lim.

 
Berita Terpopuler