Sejarah Hari Ini: Aktor 'Home Alone' Lahir

dailymail
Macaulay Culkin
Rep: Gita Amanda Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 26 Agustus 1980 Macaulay Culkin lahir di New York. Ia terkenal dengan film-film Home Alone yang dibintanginya hingga menjadikan Culkin aktris cilik paling sukses di generasinya.

Seperti dilansir History.com, Culkin merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ia anak pasangan Patricia Brentrup dan mantan aktor Christopher "Kit" Culkin.

Dia membuat debut film pada 1988, dengan judul Rocket Gibraltar, yang dibintangi Burt Lancaster. Pada 1989, Culkin muncul dalam komedi Uncle Buck (1989), yang ditulis dan disutradarai oleh John Hughes dan menampilkan John Candy.

Culkin meroket dengan perannya sebagai Kevin McCallister di tahun 1990 lewat film berjudul Home Alone. Film yang disutradarai oleh Chris Columbus dan ditulis oleh Hughes ini menelurkan sekuel pada 1992 berjudul Home Alone 2: Lost in New York, yang juga dibintangi Culkin.  Serta film ketiga, Home Alone 3 yang dirilis pada 1997.

Pada 1998, saat berusia 17 tahun Culkin menikahi aktris Rachel Miner. Namun pasangan ini berpisah pada 2000.

Pada 26 Agustus 1994 serorang pria di Inggris mendapatkan jantung, yang dioperasikan baterai pertama di dunia, melalui sebuah operasi. Pasien berusia 62 tahun itu dalam kondisi stabil pascaoperasi.

Dilansir BBC News, pria tersebut menggunakan sebuah perangkat baru berbahan plastik dan titanium yang diproduksi di Amerika Serikat. Perangkat dikenal dengan Left Ventricular Assist Device (LVAD).

Pada dasarnya LVAD bukan pengganti jantung manusia. Alat ini merupakan sebuah pompa listrik yang melakukan sebagian besar pekerjaan di ruang pompa jantung vertrikel kiri.

Selama empat jam operasi LVAD ditempatkan didinding perut dan terhubung dengan jantungnya. Pompa ini didukung baterai yang pasien harus gunakan dengan diikat di pinggang.

Atlet kontroversial Zola Budd memecahkan rekor lari sejauh 5.000 meter di dunia pada 26 Agustus 1985. Ia berlali dengan bertelanjang kaki dan selesai dengan waktu 14 menit dan 48,07 detik.

Di lansir History.com, waktu tersebut tercatat hampir 10 detik lebih cepat dari rekor sebelumnya. Ia berada sembilan detik lebih unggul dari Ingrid Kristiansen, mantan pemegang rekor lari 5 kilometer itu.

Ini merupakan pertama kalinya di kampung halamannya di Afrika Selatan. Sebelumnya negara Budd tak diakui sebagai negara terkait kebijakan apartheidnya. Maka partisipasinya dalam balapan di Crystal Palace, London, pun tak dipublikasikan dulu untuk menghindari protes aktivis anti-apartheid.

 
Berita Terpopuler