Sejarah Hari Ini: Aktris Angelina Jolie Lahir

EPA
Angelina Jolie
Rep: Puti Almas Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,   Hampir semua orang di dunia mengenal Angelina Jolie. Ia merupakan aktris asal Amerika Serikat (AS) yang telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi di bidang perfilman.

Ia lahir pada 4 Juni 1975 dari pasangan Jon Voight dan Marchelinde Bertrand. Sang ayah pernah menjadi pemenang dalam ajang Oscar untuk kategori aktor terbaik atas perannya di film Coming Home pada 1978 lalu.

Saat remaja, Jolie untuk pertama kalinya terjun ke dunia akting. Ia tampil bersama sang ayah dalam film Lookin' to Get Out pada 1982.

Dari sana, perempuan yang dikenal juga sebagai aktivis kemanusiaan ini mulai serius mengejar impian menjadi aktris. Jolie  mulai belajar akting di institut Strasberg Theatre dan Universitas New York.

Film pertama Jolie adalah Cyborg 2 (1993). Di film ini ia mendapatkan peran kecil. Setelah itu, ia bermain dalam film Hackers (1997) bersama dengan aktor Jonny Lee Miller.

Ia kemudian bermain dalam film televisi George Wallace,  film yang membawa dirinya mendapatkan penghargaan Golden Globe. Di sana,  Jolie berperan sebagai istri gubernur Alabama.

Setelah itu, Jolie mulai mencuri perhatian banyak sineas dengan bakat aktingnya yang dinilai cukup memukau. Tawaran sejumlah peran besar dalam beberapa film ia dapatkan seperti Playing By Heart (1998), Pushing Tin (1999), dan The Bone Collector (1999).

Ia juga bermain dalam film Girl Interrupted dan berperan sebagai gadis sosiopat nan karismatik. Dari aktingnya di film ini, nama Jolie semakin melambung dan masuk ke dalam daftar aktris papan atas Hollywood.

Tak hanya itu, Jolie begitu terkenal dalam perannya di film Lara Croft : Tomb Raider (2001). Film aksi yang dibuat dalam versi sekuel ini menuai kesuksesan cukup besar di Hollywood.

Saat ini, Jolie lebih banyak menghabiskan waktu di belakang layar. Ia menikmati peran sebagai seorang sutradara, salah satunya dalam film Unbroken. Selain itu, dirinya aktif menjadi duta PBB di bidang kemanusiaan.

Sekitar 129 mil di atas bumi, Mayor Edward H. White II keluar dari kapsul yang merupakan pesawat menuju luar angkasa pada 4 Juni 1965. Ini menandakan bahwa ia menjadi orang Amerika Serikat (AS) pertama yang berjalan di luar angkasa.

Perlahan, Edward berjalan di ruang angkasa selama lebih kurang 20 menit. Sebelumnya, beberapa astronot asal Uni Soviet yaitu Aleksei A. Leonov telah lebih dahulu melakukan perjalanan tersebut.

AS mulai program mengirimkan peswat luar angkasa beserta kru pada era 1960-an. Penerbangan pertama yang melibatkan Edward yaitu dikenal sebagai bagian dari Program Gemini NASA.

Program ini kemudian menjadi acuan  bagi NASA untuk memulai misi yang lebih tinggi. Pada 1968, NASA mengadakan misi Apollo, dengan tujuan mengirimkan astronot ke bulan.

Pada 4 Juni 1876, sebuah kereta yang berangkat dari New York hanya memerlukan waktu selama 83 jam untuk melintasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat (AS). Kereta yang dikenal dengan nama Trancontinental Express ini kemudian tiba di San Fransisco.

Pada masa itu, tak pernah terbayangkan manusia bisa pergi melintasi banyak wilayah di Negeri Paman Sam itu dalam waktu kurang dari empat hari. Hal ini merupakan wujud dari mimpi Thomas Jefferson yang ingin membuat perubahan besar dan berguna untuk banyak orang.

Pada 1802, Jefferson untuk pertama kalinya memperkenalkan uap membantu jalannya kereta roda. Meski tidak pernah melihat kereta api di masa hidupnya, namun ia merupakan orang yang memberi ide terciptanya sarana transportasi yang berguna hingga saat ini.

Dalam waktu setengah abad, AS memiliki banyak rel kereta api dibandingkan negara lainnya di dunia. Kecepatan dan kenyamanan moda transportasi ini begitu menakjubkan bagi banyak orang di negara itu.

Hasilnya, banyak orang yang terus ingin menggunakan kereta api. Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi dan pengembangan agar kereta api semakin nyaman dan cepat terua dilakukan, termasuk di banyak negara lainnya si dunia.

 
Berita Terpopuler