Sejarah Hari Ini: AS Memulai Invasi Irak

Tentara AS di Irak, ilustrasi
Rep: Gita Amanda Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini 19 Maret 2003, Amerika Serikat bersama dengan pasukan koalisi terutama dari Inggris, memulai perang di Irak. Presiden AS George W Bush mengumumkan dalam pidato televisi, pasukan Amerika dan koalisi sedang melucuti Irak untuk membebaskan rakyat Irak dan untuk mempertahankan dunia dari bahaya.

History.com melaporkan, perang dimulai sekitar 90 menit setelah batas waktu yang ditetapkan AS untuk Saddam Hussein berlalu. Pemimpin Irak itu diberi pilihan untuk meninggalkan Irak atau menghadapi perang. Bush mengatakan mereka menghantam sasaran militer penting.

Dalam menanggapi serangan, Republik radio Irak di Baghdad mengumumkan, "orang-orang jahat, musuh-musuh Allah, tanah air dan kemanusiaan, telah melakukan kebodohan agresi terhadap tanah air dan bangsa kita."

Pasukan koalisi mampu menggulingkan rezim Saddam Hussein dan menguasai kota-kota besar Irak hanya dalam tiga pekan. Presiden Bush menyatakan akhir operasi tempur besar pada 1 Mei 2003.

Selanjutnya: Academy Award Perdana Tayang di Televisi




Pada malam ini 19 Maret 1953, untuk pertama kalinya, penonton dapat duduk di ruang tamu dan menonton penghargaan paling bergengsi di dunia film, Academy Awards. Pemberian penghargaan kala itu berlangsung di RKO Pantages Theatre di Hollywood, Kalifornia.

Dilansir History.com, kepentingan publikasi Oscar sangat tinggi. Maka, 19 Maret 1953 menandai pertama kalinya Academy Awards yang disiarkan di media televisi. Jaringan TV National Broadcasting Company (NBC) menayangkan upacara penghargaan tahunan ke 25 langsung dari RKO Pantages Theatre Hollywood.

Bob Hope kala itu menjadi pembawa acaranya. Sementara Fredric March, dua kali pemenang Academy Award untuk Aktor Terbaik membacakan penghargaan.

John Ford memenangkan Sutradara Terbaik untuk The Quiet Man. Aktor dan aktris terbaik diraih Gary Cooper (High Noon) dan Shirley Booth (Come Back, Little Sheba).

NBC menyiarkan Oscar sampai 1961. Amerika Broadcasting Company (ABC) mengambil alih untuk dekade berikutnya, termasuk penghargaan pertama yang disiarkan dalam format berwarna pada 1966. NBC kembali menayangkan Academy Award pada awal 1970, kemudian kembali ke ABC pada 1976 dan terus menyiarkan setiap Academy Awards sejak itu.

Selanjutnya: Aktor Bruce Willis Berulang Tahun ke 61





Lahir pada 1955 di Jerman Barat, karir Bruce Willis ini dimulai ketika ia berperan sebagai detektif David Addison di serial TV Moonlighting pada 1960-an. Pada 1988, ia menjadi bintang film bonafid dengan keberhasilan aksi dalam film Die Hard.

Biography.com melaporkan, Bruce Willis lahir dengan nama Walter Bruce Willison, di Idar-Oberstein, Jerman Barat di mana ayahnya ditempatkan di militer Amerika Serikat pada saat itu. Willis adalah anak tertua dari David dan Marlene Williston. Pada 1957, menyusul debut ayahnya di militer, Willis pindah dengan keluarganya ke Carney Point, New Jersey.

Willis, dijuluki "Bruno" oleh teman-temannya. Ia adalah seorang anak yang populer dengan rasa humor yang baik di SMA. Willis pernah terpilih sebagai Presiden Dewan Mahasiswa.

Willis dikenal dengan film-film seperti Pulp Fiction, The Sixth Sense, The Expendables, Red dan Moonrise Kingdom.

 
Berita Terpopuler