Tips Bagi Pebisnis Pemula dari Diana Rikasari

dianarikasari.blogspot.com
Diana Rikasari
Rep: C34 Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin punya bisnis sendiri tapi bingung mengawalinya? Jangan khawatir, pengusaha sekaligus fashion blogger Diana Rikasari punya kiatnya.

Sejak usia 25 tahun, perempuan kelahiran Colorado, 23 Desember 1984 itu mulai merintis brand sepatu Up miliknya. Kini, ia berbagi tips seru berikut bagi siapa saja yang akan memulai bisnis baru alias start-up.

1. Pilih bidang yang disuka
Perempuan yang menyelesaikan S2-nya di sekolah bisnis Nottingham University Malaysia itu berkata, hal terpenting untuk memulai ialah memilih bidang yang disuka. Diana mencontohkan, ia sangat suka handcrafting dan fashion. Karena itulah, ia memutuskan untuk mengembangkan bisnis sepatu.



Apa yang kita buat harus berbeda dari apa yang sudah ada. Maka, orang yang ingin memulai bisnis perlu melakukan riset dan analisis pasar. Cari tahu apakah sudah ada produk serupa di pasaran, analisis kelemahan, dan kelebihannya sehingga apa yang mau kita jual dapat diketahui khalayak sebagai sesuatu yang beda.

Kesalahan utama yang dilakukan start-up ialah ingin buru-buru cepat sukses. Padahal, ujar Diana, bisnis yang baik dan berkelanjutan tidak dibangun dalam satu dua tahun saja.

Pelajaran terbaik ialah berdiskusi dan berbagi dengan para pelaku usaha lainnya. Mengobrol dengan teman-teman yang juga memiliki bisnis sendiri akan sangat membantu perkembangan usaha kita. Selain itu, belajar dari lini bisnis terkemuka juga dapat menjadi rujukan.

Penulis buku #88 Love Life ini percaya, karma berlaku dalam bisnis. Jika kita melakukan hal buruk, hal itu akan berbalik pada bisnis dan diri kita. Karena itu, ia menyarankan agar bisnis yang dirintis senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat luas, bukan justru merugikan.

 
Berita Terpopuler