Daftar Menteri yang Punya Akun Twitter

ROL
Twitter Menkominfo Tifatul Sembiring.
Rep: Erik Purnama Putra Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari terakhir, masyarakat dihebohkan akun twitter resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, @SBYudhoyono yang memiliki 1,5 juta lebih followers.

Wakil Presiden Boediono juga memiliki akun twitter, @boediono. Meski jarang berkicau, mantan gubernur Bank Indonesia (BI) ini mempunyai 244 ribu followers.

Selain RI-1 dan RI-2, ternyata beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II juga memiliki akun twitter. Meski tidak semua memiliki sosial media berlambang burung biru berkicau itu, namun tidak sedikit yang aktif menggunakannya sebagai sarana interaksi dengan masyarakat di dunia maya.

Berikut daftar menteri yang memiliki akun twitter:

1. Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.
Akun twitter-nya, @tifsembiring, dan sudah berkicau lebih 20 ribu kali dengan jumlah lebih 560 followers. Bio di dinding twitter berbunyi, "Akun personal. Seorang manusia seutuhnya, ayah, suami yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika RI."

2. Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan.
Salah satu menteri yang cukup populer di linimasa ini sudah memiliki 4.464 tweets. Menggunakan profil foto yang biasa digunakannya ketika menulis opini di jaringan medianya, akun Dahlan diikuti 366 ribu penggemarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono, beberapa menteri di Kabinet Indonesia Bersatu II, juga memiliki akun Twitter.

Setelah Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan, masih ada sembilan menteri yang memiliki akun Twitter:

3. Menteri Koordinator Perekonomian dan Plt Menteri Keuangan, Hatta Rajasa.
Hingga kini, akun twitter ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini memiliki setidaknya 144 ribu followers. Sayangnya, Hatta sudah jarang memperbarui kicauannya, yang terakhir kali dilakukannya pada 24 Januari lalu.

4. Menteri Sosial, Salim Segaf al Jufri.
Memiliki akun twitter, @salimsegaf, dan mencantumkan bio, "Enhancing Social Solidarity to reach Welfare for All (Meningkatkan solidaritas sosial untuk mencapai kesejahteraan bagi semua rakyat)." Mantan duta besar RI di Arab Saudi ini memiliki 58,8 ribu followers.

5. Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo.
Mantan anggota Komisi I DPR ini memiliki nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KMRT) Roy Suryo Notodiprojo. Salah satu menteri yang pengangkatannya terbilang kontroversial ini memiliki akun @KMRTRoySuryo, dan jumlah pengikutnya sebanyak 48 ribu orang. Ia banyak berkicau tentang dunia olahraga, khususnya sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu menteri yang dekat dengan Presiden SBY, Gita Wirjawan juga memiliki akun Twitter. Namun, Menteri Perdagangan itu tidak aktif di jejaring sosial.

6. Menteri Pertanian, Suswono.
Kader Partai Keadilan Sejahtera ini mengaku sebagai penggemar berat sayur asem dan buah lokal. Hingga kini, menteri yang sedang tersandung kasus kuota impor daging sapi ini memiliki 22 ribu followers.

7. Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan.
Menteri asal Lampung itu berkicau lewat akun @Zul_Hasan. Politisi PAN ini menggunakan bio, "Selamatkan Hutan, Hutan Selamatkan KITA." Meski baru memiliki 12 ribu followers, Zulkifli cukup update membalas setiap mention dari pengikutnya.

8. Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan.
Salah satu orang dekat Presiden SBY yang siap maju sebagai capres ini baru mempunyai 60 tweets. Penggemar Gita sudah mencapai 9 ribu orang, dan salah satu kicauannya terkait aktivitasnya main piano di Harlah GP Ansor ke-79 di Balai Kartini, Jakarta, akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarief Hasan baru saja membuka akun Twitter. Ketua Harian DPP Partai Demokrat itu membuka akun Twitter untuk mengikuti jejak Presiden SBY lebih dulu membuka akun Twitter.

9. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar.
Mantan wakil gubernur Aceh ini jarang memanfaatkan akun sosial media karena baru berkicau 166 kali. Hingga kini, ia memiliki lebih 3.700 followers.

10. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmy Faishal Zaini.
Helmy memiliki akun @Helmy_Faishal. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memanfaatkan sosial medianya untuk menyebarkan kegiatannya di pelosok Tanah Air yang dikunjunginya. Penyuka fotografi ini baru memiliki 1.800 followers.

11. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarief Hasan.
Ketua Harian Partai Demokrat ini dapat ditemui di akun @syariefhasan. Akun yang baru diluncurkan akhir pekan lalu ini baru memiliki tiga kicauan, dan 142 pengikut.

 
Berita Terpopuler