Bagaimana ya, Strategi Promosi yang Efektif?

sharpastoast
Strategi Pemasaran (Ilustrasi)
Red: Miftahul Falah

Pertanyaan:

Sebenarnya, bagaimana strategi berpromosi yang efektif itu ya, Pak? Bengkel saya telah beriklan di beberapa media lokal. Namun, tidak berjalan sebanding dengan harapan akan volume pendapatan yang diterima dari pelanggan yang datang. Mohon bantuan sarannya. Terima kasih.

Doni Suprihatin, 30 tahun, Pamulang


Jawaban:

Pak Doni yang baik hati, promosi merupakan salah satu langkah dalam dunia pemasaran. Termasuk di antaranya, menggunakan media iklan baik dalam bentuk majalah, brosur, selebaran, papan petunjuk nama usaha, dsb.

Pada intinya, mekanisme promosi adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan produk maupun layanan yang akan diperjual-belikan. Sehingga, hasil akhirnya yakni publik mengenal produk atau layanan tersebut.

Karena promosi bersifat kontinu dalam sekumpulan kegiatan, maka memang dampak terhadap kenaikan penjualan tidak berlangsung dalam waktu singkat. Dalam hal ini, memerlukan waktu dan usaha ekstra.

Sesuai dengan cerita yang bapak alami, melalui iklan di beberapa media lokal perlu diketahui promosi yang efektif yaitu mendekatkan diri kepada segmentasi sasaran konsumen yang dituju. Karena itu, perlu dilihat media tempat beriklan tersebut. Berapa oplahnya? Segmen pembacanya? Sebaran pembaca? Hal tersebut agar promosi yang dilakukan tepat sesuai sasaran.

Selain itu, setelah promosi dilakukan, maka yang perlu dilaksanakan yakni penguatan jasa layanan, agar konsumen yang mulai mencoba produk/layanan merasa terpuaskan. Hal ini penting, karena salah satu bentuk sistem pemasaran yang efektif ialah rekomendasi positif melalui "mouth to mouth" sebagai bentuk testimonial.

Semoga dapat membantu Pak Doni. Salam Entrepreneur.


Ery Kasman, SE, MSi
 
Direktur Entrepreneur Institute


Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.
Kirimkan pertanyaan ke: wirausaha@rol.republika.co.id


 
Berita Terpopuler