Rabu 11 Apr 2018 19:11 WIB

Telkom Regional Lima Suport Belasan Ribu Sekolah saat UNBK

Telkom mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet andal yang dimiliki.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Sejumlah pelajar saat akan memulai pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).(Ilustrasi)
Sejumlah pelajar saat akan memulai pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).(Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Telkom dipercaya mendukung dan mengawal jaringan internet untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 11.861 sekolah tingkat SMA/MA, SMP, dan SMK se-Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara (Nusra). Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto mengatakan, untuk menjawab kepercayaan tersebut, Telkom mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet andal yang dimiliki.

"Telkom telah mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet andal yang dimiliki. Mulai dari akses satelit, sampai pada jaringan akses fiber optik," kata Suparwiyanto dalam siaran persnya, Rabu (11/4).

Suparwiyanto mengaku, Telkom juga terus melakukan pengawalan dan monitoring terkait kelancaran pelaksanaannya di 78 kota/kabupaten se-Jatim, Bali, dan Nusra. Telkom juga menyiapkan Posko khusus untuk UNBK, dimana jika terjadi gangguan, maka pihak sekolah dapat melakukan pelaporan ke hotline Posko masing-masing daerah.

Suparwiyanto mengaku, komitmen Telkom dalam memberi solusi pada dunia pendidikan tak ingin setengah-setengah, atau hanya saat UNBK saja. Seperti contoh, dari sisi jaringan akses, Telkom telah melakukan dukungan dengan mengerahkan seluruh infrastruktur yang dimiliki.

"Demikian juga dengan aplikasi SIAP Online serta PPDB online yang telah dipergunakan oleh dunia pendidikan sebelumnya," kata Suparwiyanto.

Sedang untuk menunjang pembelajaran siswa saat di rumah, aplikasi Ruang Guru saat ini telah dapat dinikmati oleh pelanggan Indihome yang berlangganan layanan 3P (triple play) yakni telepon, internet kecepatan tinggi, dan TV (UseeTV). Ruang guru dirasanya memberikan solusi belajar di rumah dengan konten yang lengkap, mulai dari SD, SMP, dan SMA, sesuai kurikulum nasional, dan dipandu oleh tenaga pengajar berpengalaman.

Suparwiyanto menjelaskan, aplikasi ini hadir untuk memberi solusi pada kebutuhan pembelajaran siswa di rumah. Apalagi, begitu besarnya jumlah sekolah dan siswa yang mengikuti UNBK, maka untuk mempersiapkan para siswa ini sedini mungkin, diperlukan satu aplikasi khusus untuk mempermudah pembelajaran selama di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement