Rabu 07 Mar 2018 10:16 WIB

Telkom Bangun Jaringan Telekomunikasi Bawah Laut

Pemasangan jaringan fiber optic bawah laut untuk mempercepat akses internet.

Kabel fiber optic. Ilustrasi
Foto: Antara
Kabel fiber optic. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), akan membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yaitu pemasangan jaringan fiber optic. Pemasangan dilakukan dari Padang menuju Tua Peijat, Kepulauan Mentawai untuk mempercepat akses internet.

"Rencananya pembangunan itu di triwulan keempat 2018," kata General Manager Telkom Wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Sulkan di Padang, Rabu (7/3).

Saat ini jaringan internet untuk Kabupaten Mentawai baru bisa dinikmati di wilayah Tua Peijat Pulau Sipora. Itupun masih ada keluhan dari masyarakat karena internet yang lamban atau terputus-putus.

Jaringan yang belum maksimal disebabkan koneksi masih menggunakan jaringan radio yang belum terlalu stabil dan rentan terpengaruh kondisi cuaca. Solusinya adalah membangun SKKL agar transfer datanya bisa lebih cepat.

SKKL berupa jaringan fiber optic bawah laut sepanjang 157 kilometer itu nanti harus dilengkapi dengan tower besar di Tua Peijat Pulau Sipora. Tower besar itu nanti akan memancarkan sinyal melalui jaringan radio untuk jaringan internet di pulau-pulau lainnya.

"Kita segera buat rencana induk untuk pengembangan ke arah itu," tambah dia.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit mengatakan jaringan telekomunikasi dan internet sangat dibutuhkan di Mentawai yang sedang mengembangkan pariwisata, salah satunya melalui KEK. Kendala ketiadaan jaringan internet itu menurut dia, sebelumnya juga pernah diutarakan oleh wisatawan yang datang ke Mentawai untuk surfing atau berselancar.

"Kita dorong agar jaringan telekomunikasi dan internet di Mentawai bisa lancar untuk mendukung pariwisata daerah," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement