Senin 11 Sep 2017 16:27 WIB

Telkom Optimistis Tuntaskan 100 Persen Recovery Sites 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Menteri Informatika dan Komunikasi Rudiantara didampingi Dirut PT Telkom Alex Sinaga menjawab pertanyaan wartawan usai memantau perkembangan service revovery Satelit Telkom 1 di Crisis Center TelkomGroup di Jakarta, Selasa (5/9). PT Telkom telah memulihkan 66% dari 11 ribuan VSAT ATM Perbankan yang terputus akibat gangguan satelit.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menteri Informatika dan Komunikasi Rudiantara didampingi Dirut PT Telkom Alex Sinaga menjawab pertanyaan wartawan usai memantau perkembangan service revovery Satelit Telkom 1 di Crisis Center TelkomGroup di Jakarta, Selasa (5/9). PT Telkom telah memulihkan 66% dari 11 ribuan VSAT ATM Perbankan yang terputus akibat gangguan satelit.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebagai wujud komitmen memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, pada Ahad (10/9) pukul 20.00 WIB, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah berhasil menyelesaikan pemulihan konektivitas sebanyak 14.689 sites dari total 15.019 sites layanan pelanggan Satelit Telkom 1. Sehingga sebanyak 98 persen layanan konektivitas pelanggan telah berfungsi normal dan Telkom optimis akan tuntas 100 persen.

Menurut Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, ia mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. Sebab, upaya PT Telkom dalam memulihkan seluruh layanan pelanggan yang terkena dampak anomali Satelit Telkom 1 sesuai dengan komitmen. 

"Kami optimis malam ini seluruh konektivitas site dapat kembali pulih,” ujar Alex dalam siaran persnya, Senin (11/9).

Alex mengatakan, service recovery ini berhasil dituntaskan berkat dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, atas nama Manajemen Telkom, ia mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian BUMN, Kementerian Kominfo RI, BRTI, Bank Indonesia, OJK, YLKI, para pelanggan dan mitra bisnis, rekan-rekan media serta masyarakat Indonesia. 

"Dan tentunya, secara khusus saya ingin menyampaikan apresiasi kepada 2.195 petugas yang selalu siaga dan bekerja keras selama 7 x 24 jam,” kata Alex.

Penyelesaian pemulihan layanan yang dilakukan Telkom, kata dia, hingga saat ini dapat berjalan dengan lancar atas kerja sama dengan para pelanggan. Beberapa di antaranya, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI telah memberikan pernyataan resmi atas pulihnya layanan yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1. 

Sementara itu, kata dia, hasil koordinasi antara Telkom dengan Manajemen Bank BCA pada Ahad pukul 17.30 WIB disimpulkan bahwa sistem konektivitas untuk layanan ATM telah pulih secara keseluruhan. Beberapa aspek operasional untuk memfungsikan sejumlah mesin ATM masih berlangsung untuk memastikan seluruh mesin ATM berfungsi normal seperti sedia kala.

Layanan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1 sudah pulih 100 persen. Mekanisme pemulihan dilaksanakan oleh para petugas di seluruh Indonesia berdasarkan target yang telah ditetapkan Crisis Center Nasional. Dengan adanya sistem pemulihan yang terstruktur ini, seluruh proses recovery terorganisir dengan baik dan terkawal ketat.

Telkom, kata dia, sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukung dan bekerja sama dalam upaya pemulihan layanan pelanggan Satelit Telkom 1. "Pemulihan layanan yang dilakukan secara maksimal ini merupakan salah satu upaya Telkom memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan dan masyarakat secara umum," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement