Rabu 24 Aug 2011 13:39 WIB

BMT Bina Umat Sejahtera Salurkan Zakat Rp 1 Miliar

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Didi Purwadi
Zakat (ilustrasi)
Foto: www.ekonomisyariat.com
Zakat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,LASEM – Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Usaha Sejahtera mampu meningkatkan perolehan zakat hingga 30 persen atau menjadi Rp 1 miliar lebih. Dana zakat ini bersumber dari zakat pengelola sebesar Rp 87 juta, zakat anggota sebesar Rp 223 juta, serta infaq dan sodaqoh sebesar Rp 7 juta.

Untuk zakat maal, jumlah yang telah dikeluarkan sebesar Rp 362 juta. “Sedangkan, zakat dari hadiah sebesar Rp 22 juta dan fitrah sebanyak 523 paket,” kata Direktur Utama BMT Bina Usaha Sejahtera, Abdullah Yazid, melalui siaran pers yang diterima Republika, Rabu (24/8).

Selain itu, hingga Juni 2011, BMT Bina Usaha Mandiri mencatat telah menyalurkan pembiayaan produktif sebesar 82,1 persen dari total aset yang mencapai Rp 300 miliar. Komposisi ini didukung oleh simpanan anggota sebesar 86 persen dan modal pendiri dalam kisaran 20 persen.

Bina Usaha Mandiri berdiri sejak 1996. BMT yang berpusat di Lasem, Jawa Tengah, ini tersebar di beberapa daerah seperti Tuban, Purwodadi, Sragen, Daerah Istimewa Yogyakarta, Semarang, Demak, Tegal, Pati Jepara dan Pontianak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement