Kamis 26 Apr 2018 04:19 WIB

Kongkalikong, Kisah Koruptor Ceramah Cara Berantas Korupsi

Cerita karangan Firman Muntaco itu diterbitkan di Berita Minggu

Pejabat negara rawan terjerat korupsi (ilustrasi).
Foto:
Aksi antikorupsi (ilustrasi)

Jadi, demi kesadaran bernegara, demi kemakmuran bersama-sama, sebaiknye mulai sekarang sudare-sudare pada insap, jauhilah itu penyakit korupsi. Salah satu jalannye ilaha jangan sok ikut-ikutan mau mewah, padahal penghasilan tidak mengizinkan! Jangan dibiarin nurutin permintaan istri yang mau ini mau itu! Anggep sepi. Hah, kita kan kaum lelaki, sudare-sudare. Masak iye mustri nyerah same segale tetek bengek rongrongan kaum yang lemah? Tunjukkanlah sudare-sudare punya tangan besi, jangan mau diteken, jangan mau dibudakin, jangan…."

"Stop…!" tiba-tiba dengan tak disangka-sangka istri beliau yang gemuk trokmok masuk ke dalam ruangan rapat dengan tampang beringas. "He, Pak!" katanya membentak, "Ape jangan mau diteken, ape jangan mau dibudakin? Emangnya enggak kedengaran? Mari kite beritungan…!"

"Ti… e-eh, Ti… apa-apan ni…?" Pak Sanem gelagapan. "Alaa, ngngak pake! Ayo lekasan pulang!” terus saja istrinya menyeret, hingga Pak Sanen betul-betul tak berdaya dan ikut naik oto pulang ke rumah, sementara rapat keruan saja bubar!

"He, Pak, jangan main gile, je. Nih ape macem nih!" tangannya menunjukkan selembar foto.Pak Sanen melirik dan tiba-tiba mukanya pucat, karena itu adalah foto ia bersama seorang nona Indo yang manis.

"Hem, lelaki mate keranjang, siapa nih ha? Ayo bilang, ayo ceritain!" Tapi Pak Sanen membungkam saja. "Pantas, belakangan ini ngasi duit kurang-kurang melulu, padahal sebelonnya saban minggu nggak kurang ngasi seribu. Ape lagi tu ngkoh-ngkoh yang nyogok masih banyak pade dateng bawa duit gepokan. Asal ditanya mau duitnye, buat ini buat itu le! Nggak taunye dikasih buat… si die. Hem, emangnye manis orangnye ye? Lelaki pintar, banyak akal!"

Keesokan harinya, di kantor, Pak Sanen jagi begitu malu gara-gara peristiwa tersebut. Kalau ada yang nanya, "Pak soal ape sih kemaren tuh? Maka ia menjawab, "Ah kagak. Biase, istri saye memang lagi sakit panas dan sedikit nerveus gara-gara kucingnya yang disayang mati!"

Pukul sebelas, mendadak Pak Sanen terkejut, karena ke dalam kantornya masuk dua orang polisi. "Permisi, Pak!" kata polisi-polisi itu. "Kami diperintahkan membawa Bapak ke pengadilan!"

Tapi betapa kaget pegawai-pegawainya, waktu besoknya terbaca berita-berita di koran-koran, berbunyi Pak Sanen, kepala kantor jawatan anu, kemarin telah ditangkap oleh yang berwajib, dengan dakwaan melakukan kongkalikong uang jawatan dan telah menerima sogokan dari kanan kiri. Dalam pemeriksaan pertama ia telah mengakui kesalahannya dan mengemukakan alasan: ia ingin hidup mewah —plesir, piara gula-gula dan selalu memenuhi permintaan istrinya membeli barang-barang bagus tapi apa daya gaji tak mencukupinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement