Selasa 02 Aug 2016 07:00 WIB

Pidato Bung Tomo Ketuk Hati Tentara Muslim Sekutu

Bung Tomo
Foto: wikipedia
Bung Tomo

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Saat usianya belum menyentuh usia 50 tahunan, Aamir Khan kini bukan hanya menjadi aktor. Seperti juga Shahrukh Khan yang usianya lebih muda, Aamir juga seorang produser. Bahkan, Aamir Khan pernah membuat film berjudul Lagaan. Film sejarah saat rakyat India melawan penjajah Inggris ini kemudian terpilih masuk nominasi hadiah Oscar untuk kategori film asing.

Setelah itu, Aamir Khan absen dari dunia film India selama empat tahun. Selama waktu yang lama itu dia mempersiapkan produksi filmnya berjudul The Rising (Kebangkitan), yang pada Agustus 2005 bersamaan dengan masa edarnya di India, diputar di sejumlah bioskop Indonesia. Dalam film ini Aamir Khan berperan sebagai Mangal Pandey, warga India yang jadi prajurit Inggris, kemudian memberontak.

Dia berontak karena merasa ditipu British East India Company (semacam VOC-nya Inggris), yang ketika pada 1856 memperkenalkan penemuan senapan jenis baru. Untuk ditembakkan bagian ujungnya harus digigit terlebih dulu, seperti saat kita sebelum mengisap cerutu (lisong). Setelah itu bubuk mesiunya dimasukkan ke senapan dan siap ditembakkan. Salah satu campuran yang harus digigit adalah lemak (gajih) sapi dan babi.

Mengetahui sebagian tentara lokalnya beragama Hindu yang sangat memuliakan binatang tersebut, dan Islam yang mengharamkan babi, Inggris merahasiakan campuran itu. Namun, akhirnya kasus tersebut terbongkar setelah ditemukan gudang tempat membuat peluru. Dipimpin Mangal Pandey, baik Hindu maupun Muslim, sama-sama berontak melawan Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement