Rabu 23 Aug 2017 08:18 WIB

Tuan Rumah Pecahkan Rekor Spanduk Jakarta

SEA Games 1995
Foto: Istimewa/Wikipedia
SEA Games 1995

REPUBLIKA.CO.ID, CHIANG MAI -- Thailand gemar membuat kejutan ketika menjadi tuan rumah SEA Games 1995 sekitar 22 tahun lalu. Menjelang penyelenggaraan perhelatan akbar itu, Thailand membuat kejutan dengan bentangan spanduk penyemangat atlet yang terpanjang di Asia atau bahkan dunia saat itu.

Spanduknya sepanjang 7,986 kilometer atau dua kilometer lebih panjang ketimbang spanduk yang dibentangkan KONI di Jakarta yang panjangnya sekitar 5,602 kilometer. Spanduk terpanjang di dunia yang dibuat Thailand untuk mendukung atletnya itu berisi tanda tangan dan dukungan dari masyarakat Chiang Mai.

Tercatat 1.115.332 pelajar dari 1.302 sekolah swasta dan pemerintah membubuhkan tanda tangannya di bentangan spanduk yang disponsori oleh produk minuman berenergi itu. Uniknya, di antara tanda tangan tersebut terdapat pula tanda tangan beserta pesan yang ditulis langsung oleh Perdana Menteri Thailand saat itu, Banharn Silpa-archa.

''Mudah-mudahan Thailand menjadi yang terbesar di arena SEA Games nanti,'' bunyi pesannya dalam spanduk itu.

Spanduk sepanjang hampir delapan kilometer itu mampu membakar semangat para atlet tuan rumah. Terbukti, Thailand sukses keluar sebagai juara umum dengan torehan 157 emas, 98 perak dan 91 perunggu. Indonesia menyusul di posisi kedua dengan 77 emas, 67 perak, 77 perunggu.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement