Rabu 23 Nov 2011 09:20 WIB

Suporter Indonesia Terkait Aksi Oposisi Malaysia?

Suporter timnas Indonesia.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Suporter timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR - Malaysia sepanjang perhelatan SEA Games 2011 terus mengeluhkan sikap suporter Indonesia yang dinilainya tidak sportif terhadap kontingen Malaysia. Sikap suporter Indonesia itu kini dikait-kaitkan dengan aksi oposisi di Malaysia.

Seperti diberitakan Utusan Online, sikap 'tak bersahabat' suporter Indonesia terhadap kontingen Malaysia di SEA Games 2011 ini mempunyai kaitan dengan sikap pemimpin oposisi yang selalu memburuk-burukan negara sendiri di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Razali Ibrahim, sebenarnya tidak ingin memasukan unsur politik dalam menyikapi sikap suporter Indonesia. Tapi, menurut Datuk Razali, perbuatan segelintir oposan telah membakar perasaan benci rakyat Indonesia kepada Malaysia. 

Datuk Razali mengatakan perasaan benci suporter Indonesia hanya ditujukan kepada Malaysia. Hal tersebut terjadi karena oposisi di Thailand, Vietnam ataupun Singapura tidak pernah datang ke Indonesia untuk menjelek-jelekkan negara mereka sendiri demi kepentingan politik sempit.

"Kenapa pendukung Indonesia sangat benci Malaysia? Apakah ini karena tenaga kerja Indonesia tidak dilayani dengan baik? Ini bukan soal layanan kepada pekerja asing Indonesia,'' katanya. ''Tetapi kenapa Malaysia saja yang menjadi mangsa iri hati rakyat Indonesia? Kenapa tidak Thailand, Vietnam dan Singapura. Ini kerana ada di kalangan pemimpin kita (oposisi) pergi ke Indonesia untuk memburuk-burukkan negara dan dia melakukannya secara terus menerus.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement