Sabtu 29 Dec 2012 09:00 WIB

Tak Perlu Takut Lemot dengan Jaringan EVDO

Router Evdo
Foto: stycden.co
Router Evdo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat ini banyak orang beralih mencari informasi dan data melalui jejaring situs diinternet. Karena lebih kecepatan dan kemudahannya. Akhirnya tingkat komsumi meningkat. Dan para pengguna intenet mengeluh atas kecepatan suatu jaringan akses data.

Dengan keluhan seperti itu, banyak berbagai layanan jaringan internet dengan menawarkan kecepatan akses data yang beragam. Mulai dari 3G, HSPDA dan yang sekarang sedang ramai adalah konektifitas internet dengan sistem EVDO.

Munculnya sistem EVDO (evolution- data optimized) pada modem, membuat para pengakses data merasa  tidak dikhawatirkan kembali dalam mengakses internet. Sistem EVDO yang saat ini berkembang memiliki kekuatan akses 3 kali lebih cepat dibandingkan akses data 3G atau HSPDA. Kecepatan akses data dengan kecepatan prima hingga 3,1 Mbps.  “Kualitas menggunakan modem dengan sistem EVDO lebih baik daripada  menggunakan modem dengan layanan unlimited dengan sistem 3G atau HSPDA. Tapi balik lagi, semua ada kekurangan juga. Semua tergantung keadaan tempat. Kalau tempat kita sinyalnya jelek, otomatis lemot” ujar Riko, Mahasiswa pengguna jaringan EVDO.

Faktanya belum banyak para pengguna internet tahu kualitas dari masing-masing sistem jaringan. Para pengguna lebih banyak menggunakan layanan internet dengan unlimited daripada dengan layanan volume dengan sistem EVDO.

Dini Peranantia – Universitas Muhammadiyah Jakarta

sumber : UMJ
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement