Senin 22 Oct 2012 20:12 WIB

Awas, Ciri-ciri ini Bisa Menjerat Anda Terkena Narkoba

Narkotika (Ilustrasi)
Foto: Corbis
Narkotika (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis sejumlah karakteristik orang-orang yang bisa jadi akan terkena narkoba. BNN menyebutnya sebagai beresiko tinggi. Mereka adalah orang yang belum menjadi pemakai atau terlibat dalam penggunaan narkoba, tetapi mempunyai resiko untuk terlibat hal tersebut. Biasanya mereka disebut potensial user (calon pemakai, golongan rentan).

Pada anak-anak ciri–cirinya biasanya sulit memusatkan perhatian pada suatu kegiatan, sering sakit, mudah kecewa, mudah murung, sudah merokok sejak sekolah dasar, agresif dan destruktif, sering berbohong, mencuri atau melawan tata tertib.

Pada remaja, ciri–cirinya, mempunyai rasa rendah diri, kurang percaya diri dan mempunyai citra diri negative, mempunyai sifat sangat tidak sabar, diliputi rasa sedih (depresi) atau cemas (ansietas), cenderung melakukan resiko tinggi dan bahaya. Dan juga cenderung memberontak, tidak mau mengikuti peraturan dan tata nilai yang berlaku, kurang taat beragama, berteman dengan penyalahgunaan narkoba, motivasi belajar rendah, tidak suka kegiatan ekstra kulikuler, cenderung merusak diri sendiri.

Sedangkan hubungan dengan keluarga, ciri–cirinya, orangtua kurang komunikatif dengan anak, terlalu mengatur anak, terlalu meuntut anaknya secara berlebihan agar berprestasi diluar kemampuannya, kurang memberiakn perhatian pada anak karena terlalu sibuk, kurang harmonis, sering bertengkar.

    

Nah, waspadalah, bisa jadi ciri-ciri ini bisa menimpa Anda dan keluarga.

Penulis: Enggo Gojali (Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

sumber : UIN Sunan Gunung Djati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement