Jumat 24 Feb 2012 05:17 WIB

Adik Yusril Klaim Menangkan Pilgub Bangka Belitung

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan nomor urut 4, Yusron Ihza Mahendra dan Yusroni Yazid, mengklaim unggul dibanding tiga pasangan lainnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bangka Belitung, Kamis (23/2). Pasangan Yusron dan Yusroni mengaku memperoleh 32,01 persen suara, disusul pasangan Eko Maulana Ali dan Rustam Effendi 31,12 persen, lalu pasangan Zulkarnaen dan Darmansyah Husein 24,56 persen, serta Hudarni dan Justiar 12,19 persen.

Angka tersebut didasarkan atas perhitungan nyata (real count) dari 67 persen suara yang masuk dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Bangka Belitung hingga pukul 18.15 WIB. Demikian siaran pers yang diterima Republika.

Yusron mengaku, menang mutlak di tiga kabupaten, yakni Bangka Barat (62 persen), Belitung (90 persen), dan Belitung Timur (89,6 persen). "Angka ini diperkirakan tidak akan mengalami perubahan signifikan, karena suara yang masuk sudah mencapai dua pertiga," kata Yusron.

Seluruh suara diperkirakan selesai Kamis malam, mengingat jumlah pemilih di Bangka Belitung relatif kecil, yakni 872.102 pemilih yang terbagi ke dalam 2.523 TPS.

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis yang mendampingi Yusron menjelaskan, raihan 32 persen suara menurut undang-undang adalah angka kemenangan. Karena itu, dapat dikatakan pasangan Yusron dan Yusroni telah menang pesta demokrasi yang diikuti empat pasangan itu. "Kalau angka ini tidak mengalami pergeseran lagi, pemilihan dengan sendirinya dapat dikatakan selesai dalam satu putaran," kata Margarito.

Yusron merupakan satu-satunya calon gubernur asal Pulau Belitung, sementara tiga lainnya berasal dari Pulau Bangka. Yusron adalah adik kandung pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra dan mantan wakil ketua Komisi I DPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement