Sabtu 26 Nov 2011 18:32 WIB

Seluruh Jembatan Tua akan Diaudit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terkait runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, pemerintah akan melakukan audit terhadap jembatan tua di seluruh Indonesia, khususnya yang berusia di atas sepuluh tahun. "Saya minta Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera melakukan audit," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, Sabtu (26/11).

Agung Laksono menambahkan hasil audit seluruh jembatan di Indonesia tersebut nantinya harus segera ditindaklanjuti oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan dibantu oleh seluruh pemerintah daerah setempat. "Misalkan ada jembatan yang harus diperbaiki ya diperbaiki, kalau ada yang harus diganti ya segera diganti," katanya.

Ia mengaku prihatin dengan ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara dan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum terkait dengan runtuhnya jembatan tersebut. Ia juga menambahkan belum mendapatkan laporan terkait kerugian dan jumlah korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Jembatan Kutai Kartanegara yang ambruk Sabtu sore diresmikan pada 2001. Jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini desainnya meniru jembatan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement