Kamis 14 Jul 2011 10:04 WIB

Jatim akan Bangun Dua Jalan Tol Baru

Rep: C01/ Red: Johar Arif
Jalan tol
Jalan tol

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menawarkan kepada investor Cina untuk membangun dua jalan tol baru di wilayahnya. Dua tol tersebut akan menghubungkan Gresik-Tuban dan Gempol (Sidoarjo)-Pasuruan.

“Ada tiga perusahaan dari Cina yang berminat mengembangkan infrastruktur di bidang kereta api dan jalan tol, “ ungkap Kepala Badan Penanaman Modal Pemerintah Provinsi Jatim, Warno Harisasono, Kamis (14/7).

Menurut Warno, ketiga investor dari Cina tersebut masih menjajaki kerjasama dalam pembangunan jalan tol. Ketiganya telah menyatakan minat yang tertuang dalam surat kesepakatan. “Intinya mereka minat mendanai karena dari sisi komersial jalan itu sangat menarik, “ ungkapnya.

Dalam kerjasama tersebut, Pemprov Jatim bertugas menyiapkan lahan. Pemprov juga perlu menyiapkan pembangunan rel kereta api yang bakal dibangun hingga Bandara Juanda. “Investor juga minta membangun jalan kereta api Gubeng-Juanda. Kalau ini inisiatif dari Pemprov Jatim, “ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, Gentur Gentur Sandjoyo Prihantono mengungkapkan ketertarikan investor Cina untuk membangun jalan tol karena berada di sekitar kawasan industri. Hanya saja, penyediaan lahan untuk jalan tol tersebut akan memakan waktu relatif lama.

Nilai investasi untuk tol Gempol-Pasuruan, ungkapnya, mencapai Rp 1,5 triliun. Nilai itu kemungkinan akan naik lagi pada tahun depan. Sementara, nilai investasi jalan tol Gresik-Tuban masih dalam perhitungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement